Warga di Pessel Diminta Manfaatkan Pekarangan untuk Usaha Tanaman


Ahad, 19 Juli 2020 - 18:29:16 WIB
Warga di Pessel Diminta Manfaatkan Pekarangan untuk Usaha Tanaman Usai kegiatan sosialisasi pangan, Bupati Hendrajoni  melakukan peninjauan rumah pangan

HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah dengan berbagai jenis tanaman guna memenuhi kebutuhan keluarga serta mampu meningkatkan nilai ekonomi. Menurutnya, dengan memanfaatkan pekarangan rumah setidaknya dapat meringankan beban keluarga, terutama kebutuhan konsumsi keluarga.

Hal tersebut disampaikannya usai sosialisasi program Pemanfaatan Pekarangan Lestari (P2L) kepada masyarakat yang tergabung ke dalam kelompok wanita tani (KWT) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Air Pura, Minggu (19/7/2020). Sosialisasi tersebut diikuti 100 masyarakat yang berasal dari berbagai Nagari yang ada di Kecamatan Air Pura, Kecamatan Linggo Saribaganti dan Kecamatan Pancung Soal.

"Keberhasilan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah tidak terlepas dari keinginan dan usaha kerja keras, kemudian mampu menjaga dan memelihara tanaman dengan mengutamakan penggunaan pupuk organik, sehingga sayur yang diproduksi lebih sehat dan higienis," katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni akan mengaspal jalan menuju kantor Camar Air Pura sepanjang lebih kurang satu kilometer pada tahun 2021. "Insha Allah jalan ini akan diaspal, sehingga  memudahkan pelayanan masyarakat, terutama masyarakat yang berurusan dengan pemerintahan kecamatan. Semoga masyarakat bisa nyaman dan lancar transportasinya," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu anggota KWT yang hadir dalam kesempatan itu, Yanti mengungkap banyak manfaat yang didapat dalam mengikuti sosialiasi. "Kami memang telah memanfaatkan pekarangan berupa sayur-sayuran untuk kebutuhan keluarga. Melalui sosialisasi ini, kita jadi lebih bersemangat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman yang menghasilkan," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pangan Alvis Basyir, Kadis Peternakan Efrianto, Camat Air Pura Mukhtar Is, beberapa orang tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:31:11 WIB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Walinagari Tarung Tarung, Asparuddin mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Ditambah pula dengan diterbitkannya Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) oleh Pemer.
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:17:54 WIB

    UKL Dukcapil Lakukan Coklit Data Kependudukan Warga Kampung Pasar Gompong

    UKL Dukcapil Lakukan Coklit Data Kependudukan Warga Kampung Pasar Gompong HARIANHALUAN.COM - Petugas Kantor Unit Kerja Layanan (UKL) Dukcapil Lengayang melakukan kegiatan pelayanan pencocokan dan penelitian (Coklit) data kependudukan pada warga Kampung Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat. Coklit da.
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 14:54:18 WIB

    Bertambah! Hari Ini, Tujuh Warga Solsel Dilaporkan Positif Covid-19

    Bertambah! Hari Ini, Tujuh Warga Solsel Dilaporkan Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Terjadi penambahan 7 orang warga Solok Selatan (Solsel) terkonfirmasi positif Covid-19 dan tiga orang dinyatakan sembuh. Berdasarkan data pantauan Covid-19, Minggu (11/10/2020) yang dirilis Humas Pemkab Sol.
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:12:31 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok mengimbau seluruh masyarakat Mentawai untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya terhadap peserta politik, pengusun.
  • Rabu, 09 September 2020 - 18:05:26 WIB

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong HARIANHALUAM.COM - Guna menjaga lingkungan tetap asri, pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Bamus, lembaga Masyarakat, Wali Korong dan Masyarakat Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman menggel.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]