Jelang Pilkada Serentak, KPU Dharmasraya Teliti Keabsahan 151.230 Orang Pemilik Suara


Ahad, 19 Juli 2020 - 19:44:57 WIB
Jelang Pilkada Serentak, KPU Dharmasraya Teliti Keabsahan 151.230 Orang Pemilik Suara Salah seorang petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Dharmasraya, melakukan pencoklitan data pemilih, di kediaman wakil wupati setempat, Amrizal Dt Rajo Medan.

HARIANHALUAN.COM - Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap 151.230 orang yang terdaftar sebagai pemilik suara pada Pilkada Serentak 2020.

"Pada tahapan ini, KPU mengerahkan sebanyak 529 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tersebar di 11 kecamatan dan 52 nagari," ungkap Komisioner Bidang Perencanaan dan Data KPU Dharmasraya, Frans Putra, Minggu (19/07).

Menurutnya, petugas tersebut akan melakukan pengecekan dari rumah ke rumah guna menyandingkan dua data yang dimiliki oleh Kemendagri berupa Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dengan data yang dimiliki oleh KPU yaitu data DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilu atau pemilihan terakhir.  

Sesuai tahapan, lanjutnya, kegiatan itu  berlangsung sekitar satu bulan terhitung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, dalam pelaksanaanya PPDP akan dibantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah ditunjuk di masing-masing nagari.

"Pelaksanaannya tetap berada dalam pengawasan KPU dan setiap komisioner akan melakukan monitoring," tegasnya. 

Selain melakukan pengujian akurasi data pemilih, kegiatan ini juga dijadikan sarana  menyosialisasikan portal lindungi hak pilihmu melalui laman kpu.go.id.

"Kita mengajak masyarakat untuk mengecek data, nama, identitasnya di portal lindungi hak pilih mu itu untuk memastikan mereka terdaftar sebagai pemilih," ujarnya. 

Terkait wacana yang dilahirkan pihaknya yakni melaksanakan seluruh tahapan pilkada serentak yang aman Covid-19, ia mengatakan pihak KPU Dharmasraya sudah mempersiapkan seluruh petugas pemutakhiran data dengan kelengkapan alat pelindung diri dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. 

"Semua petugas kami wajib menggunakan masker, wajib pelindung wajah faceshield kemudian wajib menggunakan sarung tangan, membawa hand sanitizer dan wajib menjaga jarak ketika berkunjung ke rumah-rumah warga untuk mendata," tutupnya.(*)
 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]