Beramal Sambil Salurkan Hobi, Masyarakat Lingkuang Aua Panen Ikan Larangan Batang Tian


Ahad, 19 Juli 2020 - 20:38:46 WIB
Beramal Sambil Salurkan Hobi, Masyarakat Lingkuang Aua Panen Ikan Larangan Batang Tian Panitia membagikan hasil tangkapan ikan larangan kepada peserta.

HARIANHALUAN.COM - Beramal sambil melepas hobi, puluhan masyarakat memenuhi Batang Tian untuk mengambil ikan larangan dengan alat tangkap ikan tradisonal, Sabtu (18/7/2020). Sungai tersebut terletak di Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). 

Pengambilan ikan larangan Batang Tian dilakukan satu kali dalam setahun. Selain untuk melepaskan hobi bagi peminat ikan larangan, juga sebagai ajang silaturrahmi dan sekaligus dalam rangka penggalangan dana untuk pembangunan masjid.

Panitia pengambilan ikan larangan, Nasrul (Inaih) kepada haluan.com saat pengambilan ikan larangan tersebut mengatakan, ikan larangan tersebut diambil satu kali dalam satu tahun, dan sudah menjadi tradisi turun temurun dari dulunya.

"Panen ikan larangan ini dilakukan sekali dalam satu tahun. Bagi masyarakat tidak diperbolehkan mengambil ikan yang ada di sungai ini sebelum ada kesepakatan bersama dari tokoh masyarakat," ujarnya.

Ditambahkan, pengambilan ikan larangan dilakukan dengan memakai alat tradisional seperti, jala, jaring, dan alat tembak. Hal itu dilakukan untuk menjaga agar ikan yang hidup disungai tersebut tidak punah dan terjaga ekosistemnya.

"Kita hanya memperbolehkan alat tangkap ikan tradisional untuk menjaga ekosistem ikan yang ada disungai ini tidak punah," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Nasril (Ujang Guru) mengatakan, disamping untuk melepaskan hobi, panen ikan larangan itu juga sekaligus untuk sarana beribadah. Karena dana yang terkumpul dari peserta yang ikut dalam panen ikan tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan Masjid Batang Tian.

"Selain melepas hobi bagi pecandu ikan larangan, kegiatan ini juga sekaligus untuk beribadah karena dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembangunan masjid," imbuhnya.

Semoga kegiatan dan kekompakan antar masyarakat ini dapat terjalin untuk seterusnya. Karena tanpa adanya kekompakan dan kebersamaan antar sesama masyarakat, tentunya kegiatan ini tidak akan terwujud seperti saat ini," harapnya.(*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]