Viral Wanita Tasikmalaya Hamil 1 Jam Lalu Melahirkan, Ini Kata Dokter


Senin, 20 Juli 2020 - 07:57:48 WIB
Viral Wanita Tasikmalaya Hamil 1 Jam Lalu Melahirkan, Ini Kata Dokter Cryptic pregnancy terjadi ketika seorang wanita tidak menyadari dirinya hamil

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang ibu di Tasikmalaya viral karena mengaku melahirkan setelah hamil hanya satu jam. Bahkan dikatakan, bayi laki-lakinya lahir saat ia sedang menstruasi.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Tasikmalaya, dr Reti Zia D, menyebut ada beberapa kemungkinan yang dialami wanita tersebut.

"Ya, ini dalam kehamilan ada yang namanya cryptic pregnancy. Ada juga kasus mola atau kehamilan anggur," jelasnya.

Apa itu cryptic pregnancy?
Dikutip dari Medicalnewstoday, cryptic pregnancy terjadi ketika seorang wanita tidak sadar dirinya hamil. Mereka kadang baru menyadarinya beberapa saat sebelum melahirkan.

Sebuah riset tahun 2011 menemukan bahwa 1 dari 475 wanita mengingkari kehamilannya pada usia 20 pekan atau lebih.

Kadang-kadang, wanita dengan cryptic pregnancy juga tidak mengalami gejala-gejala kehamilan seperti mual dan perut membesar. Bayi yang lahir umumnya berat badannya kurang dan tidak mendapat layanan prenatal sebagaimana seharusnya.

Riset lain menyebut, wanita yang mengalami psychotic denial terhadap kehamilan mungkin punya penyakit mental seperti skizofrenia atau gangguan bipolar. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]