Ini 3 Tempat yang Mudah Tularkan Corona Versi WHO, Mana Saja?


Senin, 20 Juli 2020 - 11:14:06 WIB
Ini 3 Tempat yang Mudah Tularkan Corona Versi WHO, Mana Saja? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbarui pedoman virus Corona dengan menambahkan imbauan waspada penularan Corona di ruangan tertutup dengan memastikan ventilasi ruangan dibuat dengan baik.

Selain tempat tertutup, WHO juga menyinggung potensi penularan Corona yang cukup rawan di beberapa tempat. Mana saja?

1. Tempat ramai
2. Tempat yang sempit
3. Ruang yang terbatas dan tertutup

"Risikonya akan lebih tinggi di tempat-tempat yang memiliki beberapa faktor risiko sekaligus. Bahkan saat pembatasan sudah dilonggarkan, pertimbangkan ke mana Anda pergi dan #TetapWaspada dengan menghindari tiga jenis tempat di atas," tulis akun @WHOIndonesia, seperti diliat detikcom Senin (20/8/2020).

Lalu apa yang harus Anda lakukan?

1. Hindari berada di tempat yang ramai dan batasi berada di ruangan yang terbatas dan tertutup.
2. Jaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain.
3. Jika memungkinkan, buka jendela dan pintu agar terjadi pertukaran udara.
4. Rajin menjaga kebersihan tangan dan tutup mulut saat batuk dan bersin.
5. Kenakan masker sesuai anjuran dan jika tidak memungkinkan untuk menjaga jarak fisik.

Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto dalam siaran pers BNPB beberapa waktu lalu, mengatakan transmisi penularan virus Corona COVID-19 banyak terjadi di lingkungan kantor.

"Identifikasi berikutnya dari penambahan kasus ini, ternyata penambahan kasus banyak terjadi di lingkungan kerja, dengan kualitas udara yang tidak bagus," kata pria yang akrab disapa Yuri ini dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Kamis (16/7/2020).

Yuri menjelaskan, ruang kerja tanpa sirkulasi udara lancar dan hanya mengandalkan sistem pendingin udara akan menyebabkan penularan Corona lebih mudah terjadi. Terlebih saat ini ada kekhawatiran penularan COVID-19 melalui mikrodroplet yang bertahan di udara khususnya di ruangan tertutup. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 10:07:22 WIB

    Begini Cara Mengenal Gejala dan Mengobati Penyakit Chikungunya

    Begini Cara Mengenal Gejala dan Mengobati  Penyakit Chikungunya HARIANHALUAN.COM-Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama alphavirus yang ditularkan kepada manusia melalui nyamuk..
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 09:59:46 WIB

    Ngeri! Belasan Warga di Desa Ini Lumpuh Terserang Chikungunya

    Ngeri! Belasan Warga di Desa Ini Lumpuh Terserang Chikungunya HARIANHALUAN.COM-Belasan dari sekitar  50 orang warga Desa ini menderita kelumpuhan akibat terserang penyikit  chikungunya, penyakit yang berasal dari nyamuk aedes aegypti..
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 12:12:14 WIB

    Waspada Moms, 6 Makanan Ini Bisa Picu Menopause Dini

    Waspada Moms, 6 Makanan Ini Bisa Picu Menopause Dini HARIANHALUAN.COM - Di Hari Menopause Sedunia, orang diingatkan kembali tentang kewaspadaan akan munculnya menopause. Pola makan menjadi salah satu faktor penting dalam mempengaruhi cepat-lambatnya seseorang mengalami menopaus.
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 09:13:14 WIB

    Mau Kurus? Lakukan 4 Kegiatan Ini Setelah Olahraga

    Mau Kurus? Lakukan 4 Kegiatan Ini Setelah Olahraga HARIANHALUAN.COM-Setidaknya  ada  empat kegiatan yang  perlu dilakakukan setelah berolahraga secara teratur  untuk menurunkan berat badan.  Berolahraga secara teratur tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi ju.
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 18:07:48 WIB

    Golongan Darah Ini Ternyata Lebih Kebal Covid-19

    Golongan Darah Ini Ternyata Lebih Kebal Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Sejumlah studi menunjukkan bahwa golongan darah dapat berperan mempengaruhi tingkat kerentanan infeksi Covid-19. Namun yang harus diingat bukan berarti orang dengan golongan darah jenis tertentu bisa lebih .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]