Gandeng 15 PTS, Politeknik Negeri Padang Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri 


Senin, 20 Juli 2020 - 19:24:57 WIB
Gandeng 15 PTS, Politeknik Negeri Padang Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri  Pemukulan gong oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X, Herri (kiri) didampingi Direktur PNP Surfa Yondri (kanan) saat melaunching penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 seleksi mandiri PNP bersama dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDIKTI Wilayah X di Ruang Pertemuan Gedung C lantai 2 PNP, Senin (20/7/2020).

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar penerimaan mahasiswa baru Tahun akademik 2020/2021 melalui seleksi mandiri dengan menggandeng 15 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Secara serentak seleksi mandiri ini mulai dibuka pendaftarannya pada 20 Juli 2020 hingga 19 Agustus 2020.

Adapun perguruan tinggi peserta seleksi mandiri tahun 2020 ini adalah UBH, STTIND, Universitas Taman Siswa, Politeknik Caltex Riau, Stikes Perintis, Akper Baiturrahmah, Stikes Hang Tuah Tanjung Pinang, Politeknik Kampar, Unidha, ITP, Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukitinggi, STIA LPPN, Universitas Dharmas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumbar, dan Universitas Abdurrab.

Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, bahwa seleksi mandiri merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang tahun 2020 disamping jalur lainnya, yakni SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) yang telah dilaksanakan serentak dengan 42 Politeknik se-Indonesia.

 

 

Selanjutnya, ada Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) yang sudah diselenggarakan bersama seluruh Politeknik di Indonesia, penerimaan mahasiswa baru kelas kerjasama dengan PT. Trakindo, pendaftaran kelas kerjasama Politeknik Negeri Padang-Internasional Proggrestion Program. 

Kemudian, pelaksanaan Ujian Masuk Tertulis Bersama LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Politeknik Negeri Padang untuk Sarjana Terapan juga ikut bergabung dalam pelaksanaan LTMPT dengan menerapkan sistem seleksinya, jika peserta sudah memilih pendidikan vokasi maka tidak bisa memilih perguruan tinggi akademik. Begitu juga sebaliknya.

"Politeknik Negeri Padang merupakan salah satu dari 43 Politeknik di Indonesia yang mengikuti LTPMT," kata Surfa Yondri saat melaunching penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 seleksi mandiri PNP bersama dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDIKTI Wilayah X di Ruang Pertemuan Gedung C lantai 2 PNP, Senin (20/7/2020).

Dengan beberapa jalur pendaftaran tersebut, kata Surfa Yondri, disamping jalur pelaksanaan seleksi mandiri. Jumlah peminat yang masuk Politeknik Negeri Padang sebanyak 15.031 orang. Jika peminatnya digabungan dengan memilih pilihan 1, 2, dan 3 berjumlah 39.885 orang dari seleksi yang sudah dilaksanakan.

"Namun jika hanya peserta yang memilih pilihan satu di Politeknik Negeri Padang sebanyak 15.031 orang. Sementara jumlah yang kita terima hanya 1.091 orang. Pada kelas mandiri ini Politeknik Negeri Padang hanya akan menerima mahasiswa sebanyak 413 orang," sebut Surfa Yondri. 

Melihat kondisi itu, Surfa Yondri menilai, angka ini menujukkan bahwa minat masyarakat masuk Politeknik, khususnya PNP semakin hari semakin lebih baik. Artinya masyarakat mulai memahami bahwa pendidikan Politeknik adalah pendidikan yang menyiapkan tenaga terampil dan profesional.

"Dengan dukungan industri yang cukup tinggi maka kuliah di Politeknik sangat cocok dikembangkan. Apalagi kemitraan perguruan tinggi dengan industri sudah merupakan suatu hal yang harus kita ciptakan seiring dengan Dirjen Vokasi dengan istilah pernikahan massal," ujar Surfa Yondri.

Lebih lanjut, kata Surga Yondri, dibidang vokasi Politeknik Negeri Padang untuk terus berkomitmen, meningkatkan kualitas, mutu dengan selalu bermitra dengan perguruan tinggi dan industri.

"Mudah-mudahan kami berharap dengan kerjasama kita didalam penerimaan mahasiswa baru ini tidak sampai di sini. Namun dilanjutkan nantinya dengan kerjasama-kerjasama baik dalam pemakaian fasilitas, riset, dan pengabdian. Disamping kerjasama dalam hal proses belajar dan mengajar," harap Surfa Yondri.

Surfa Yondri menyadari kapasitas di PTN sangat terbatas, sedangakn peminatnya cukup baik. Ini yang juga dialami di Politeknik Negeri Padang. Mensiasati itu, pihaknya bersama LLDIKTI untuk melakukan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Politeknik Negeri Padang bersama PTS yang di lingkangan LLDIKTI Wilayah X.

"Seleksi bersama ini sudah kita laksanakan juga pada tahun 2019. Tahun ini diikuti 15 PTS dengan 52 program studi dan 30 program studi Rekayasa, 15 program studi Tata Niaga, dan 9 program studi Kesehatan," ulas Surfa Yondri.

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Herri mengatakan sebagai pembina dari Perguruan Tinggi Swasta dirinya sangat mengapresiasi yang telah dirintis oleh PNP dalam hal Direktur PNP Surfa Yondri yang terus memfasilitasi rekan-rekan di PTS untuk bisa bekerjasama dalam penerimaan mahasiswa baru.

"Saya berharap kegiatan ini juga diiringi dengan kerjasama luar negeri, penelitian bersama, dan tentunya yang kita harapkan lahir impact dan dampak dari kerjasama penerimaan mahasiswa baru ini. Supaya masing-masing perguruan tinggi saling berkerjasama," harap Herri.

Heri mengakui bahwa PNP memiliki akreditasi yang bagus, dosen yang mumpuni, serta fasilitas yang mendukung. Begitu juga PTS juga memiliki fasilitas yang bagus, jika dilihat dari akreditasi saat ini sudah ada PTS di Sumbar yang memiliki akreditasi A. Sebanyak 30 prodi di LLDIKTI sudah terakreditasi A. Kemudian juga memiliki dosen yang bergelar doktor.

"Di PTS juga ada prodi yang tidak dimiliki PTN. Misalnya perminyakan, terapi bicara, prodi-prodi lainnya yang mungkin masyarakat belum tahu. Tentunya ini perlu kerjasama, termasuk juga prodi yang ditunggu-tunggu kelahirannya, misalnya bisnis digital," kata Herri.

Heri menegaskan, PTS merupakan sebuah pilihan bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan anak-anak generasi muda, dan sekarang pemerintah sudah menghilang dikotomi antara Negeri dan Swasta. Tidak ada yang perlu dibedakan karena tujuannya mencerdaskan anak bangsa.

"Tidak ada yang dibedakan, seperti pemberian beasiswa bidikmisi atau KIP-Kuliah oleh pemerintah. Termasuk juga bantuan SPP, kalau di Negeri namanya bantuan UKT dan swasta namanya bantuan SPP," ucap Herri.

Sementara, Direktur Akper Baiturahmah, Dalina Gusti, SKM, M.Kes mengatakan, dengan berkerjasamanya Akper Baiturahmah bersama Politeknik Negeri Padang diharapkan akan banyak peminat yang masuk ke PTS meskipun kuota dibatasi. Khusus di Akper Baiturahmah hanya menerima dua lokal.

"Artinya ada 80 orang pertahunnya, kita berharap akan lebih banyak lagi mahasiswanya dengan adanya kerjasama ini," harap Dalina Gusti.

Rektor Unidha, Deddi Prima Putra berharap sinergis dengan Politeknik Negeri Padang ini memudahkan calon mahasiswa menemukan pilihan yang terbaik. Sinergi ini bisa membuat lulusan lebih kreatif dan lebih mudah untuk bisa menemukan pilihannya di dunia kerja nantinya.

"Kita berharap kalau di perguruan tinggi dengan hasil kerjasama ini mutunya. Seperti yang disampaikan LLDIKTI adalah meningkatkan kualitas dan sumber daya baik dosen yang ada di perguruan tinggi bisa disatukan," kata Deddi. (*)

 

 

Advertorial Politeknik Negeri Padang

 

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 10:23:33 WIB

    Politeknik Caltex Riau Gandeng PNP Garap Potensi Masyarakat Riau

    Politeknik Caltex Riau Gandeng PNP Garap Potensi Masyarakat Riau HARIANHALUAN.COM - Politeknik Caltex Riau (PCR) jajaki kerjasama dalam pengembangan “Nagari Digital” berikut “Proyek Tugas Akhir Siap Pakai” serta “Kolaborasi Jurnal Ilmiah Internasional Terindeks”. Di sisi lain, .
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:32:02 WIB

    Buka Kelas Internasional, PNP Gandeng MSU Malaysia  

    Buka Kelas Internasional, PNP Gandeng MSU Malaysia   HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) menyelenggarakan kerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia, yaitu antara pendidikan program Diploma Tiga (D3) di PNP, dan pendidikan program Bachelor (.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 12:13:34 WIB

    Gandeng UGM, PNP Siap Garap Proyek Digitalisasi BIM

    Gandeng UGM, PNP Siap Garap Proyek Digitalisasi BIM HARIANHALUAN.COM - Menjawab tantangan Reformasi Industri 4.0 dan merespon pandemi Covid-19, Politeknik Negeri Padang (PNP) bertekat memenuhi kebutuhan digitalisasi dengan sistem cerdas di Bandara Internasional Minangkabau (BI.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 21:34:23 WIB

    PNP Gandeng 8 Lembaga Asosiasi Badan Usaha dan Profesi

    PNP Gandeng 8 Lembaga Asosiasi Badan Usaha dan Profesi HARIANHALUAN.COM - Guna meningkatkan kompetensi lulusan dalam mengarungi dunia kerja, Politeknik Negeri Padang (PNP) gandeng delapan lembaga asosiasi badan usaha dan asosiasi profesi. Kerjasama dituangkan dalam bentuk Memoran.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:02:22 WIB

    Gelar Webinar, Politeknik ATI Padang Gandeng BPSDMI Kemenperin dan Dirjen Kemendikbud

    Gelar Webinar, Politeknik ATI Padang Gandeng BPSDMI Kemenperin dan Dirjen Kemendikbud HARIANHALUAN.COM -- Politeknik ATI Padang menerapkan sistem kurikulum berbasis kompetensi serta tersambung dan sesuai (link and match) dengan industri. Upaya ini terbukti mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang tera.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]