Jelang Belajar Tatap Muka, Yayasan Thawalib Padang Panjang Mengangkat Kepsek Baru


Senin, 20 Juli 2020 - 19:26:52 WIB
Jelang Belajar Tatap Muka, Yayasan Thawalib Padang Panjang Mengangkat Kepsek Baru Yayasan Thawalib mengangkat Kepala Sekolah baru pada Senin (20/7/2020).

HARIANHALUAN.COM - Menjelang belajar tatap muka di Perguruan Thawalib Padang Panjang, Senin (20/7/2020) dilakukan pengangkatan kepala sekolah (Kepsek) yang baru untuk tingkat Tsanawiyah dan Aliyah (KUI) Thawalib. Pengangkatan tersebut bagian dari upaya memperkuat proses belajar mengajar, terutama pembelajaran kitab-kitab Thawalib pada tahun ajaran baru 2020/2021.

Ketua Umum Yayasan Thawalib Abrar didampingi Wakil Sekretaris Fahmi menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan kepada Hardi Haitami sebagai Kepala Sekolah KUI Thawalib Putra dan Ajisman sebagai Wakil Kepala Sekolah. Kemudian, mengangkat Ermansyah sebagai Kepala Sekolah Tsanawiyah Putra dan Chandra Yuheri sebagai Wakil Kepala Sekolah.

Menurut Abrar, berbagai persiapan sudah dilakukan memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 pada awal Agustus ini secara tatap muka. Seperti, tenaga pengajar dan pimpinan kepala sekolah yang mengemban Visi Misi Yayasan Thawalib. "Persiapan belajar tatap muka dilakukan dalam berbagai hal, terutama menyangkut guru dan pimpinan sekolah," ujarnya.

Penguatan tersebut dikarenakan Thawalib tetap pada khittahnya sebagai lembaga pendidikan Islam yang terkenal dengan berbagai kitab kitabnya dari berbagai keilmuan. Kata Abrar, para santri Thawalib ditargetkan lulusnya nanti mampu membaca kitab, hafal Alquran dan lainnya. "Dengan target seperti itu maka perlu para guru dan pimpinan yang sejalan dan mampu membaca kitab-kitab serta punya orientasi yang sama," ujarnya.

Kemenag Cek PBM
Persiapan proses belajar tatap muka juga sudah dilakukan sebelumnya dengan Review Sumber Daya Manusia dengan mendatangkan tenaga ahli untuk melakukan review terhadap para guru Thawalib. Upaya persiapan Thawalib dalam melakukan belajar tatap muka mendapat perhatian dari Kementerian Agama Padang Panjang. 

Kasi Pondok Pesantren Editiawarman sengaja datang ke Thawalib pada Senin pagi untuk melihat berbagai persiapan tersebut. "Alhamdulillah persiapan untuk belajar tatap muka di Perguruan Thawalib sudah baik," ujar Editiawarman.

Menurutnya, belajar tatap muka di tengah pandemi Covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, santri yang akan masuk asrama dan belajar tatap muka harus diperiksa kesehatannya dengan swab. Kemudian menggunakan masker, disediakan tempat cuci tangan dan lingkungan yang bersih. "Saya mengamati langsung Perguruan Thawalib sudah siap menjalankan protokol kesehatan tersebut," kata Editiawarman.

Ediatiawarman langsung bertemu dengan pimpinan Yayasan Thawalib serta Pimpinan Perguruan Thawalib Buya Dr Zulkarnaini, M.Ag. Dalam pertemuan di kampus Jalan Abdul Hamid Hakim, Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang tersebut dibahas langkah-langkah persiapan proses belajar tatap muka yang akan dilaksanakan di Thawalib pada pertengahan Agustus ini. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]