Yuk Ikut Kontes Desain Toilet di Bulan, Berhadiah Rp519 Juta


Selasa, 21 Juli 2020 - 07:16:43 WIB
Yuk Ikut Kontes Desain Toilet di Bulan, Berhadiah Rp519 Juta Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM – Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) menggelar kontes untuk mencari desain toilet terbaik di bulan. Badan antariksa itu membuat kontes untuk pembangunan toilet yang lebih baik bagi para astronot, yang berpatisipasi dalam misi Artemis (pada 2024).

Dikutip Slashgear, kompetisi ini disebut Lunar Loo Challenge, dan menghadirkan entri desain dari seluruh dunia dengan peluang memenangkan $35.000 atau sekira Rp519 Juta kepada tiga pemenang.

Menariknya ISS diatur untuk mendapatkan toilet baru di tahun ini disebut Universal Waste Management System. Toilet baru akan dirancang untuk digunakan di permukaan bulan sementara versi yang lebih kecil akan dirancang untuk instalasi di pendaratan bulan.

Sebenarnya badan antariksa memiliki desain toilet baru, namun itu dirancang untuk gayaberat mikro ruang dan bukan gravitasi bulan yang lebih berat dari bulan. Dengan adanya kompetisi ini NASA mengundang masyarakat untuk berpatisipasi termasuk mencari tahu bagaimana menampung limbah dan bau di gayaberat mikro dan di bulan.

Anak-anak juga dapat mengikuti kompetisi dan menerima hadiah non-tunai. Desain harus dapat mengandung “urine, feses (menampung buang air kecil dan buang air besar secara serentak), diare, muntah, dan menstruasi”.

Entri yang diajukan akan dievalusasi kualitas, kelayakan, dan kemungkinan bahwa desain dapat dikembangkan dalam 2 hingga 3 tahun ke depan.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]