Gugus Tugas Covid-19 Dibubarkan, Erick Thohir Pimpin Satgas Penanganan Covid


Selasa, 21 Juli 2020 - 07:56:21 WIB
Gugus Tugas Covid-19 Dibubarkan, Erick Thohir Pimpin Satgas Penanganan Covid Erick Thohir

HARIANHALUAN.COM —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Fungsinya kini diemban oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang berada di bawah Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Aturan itu diteken Presiden Jokowi pada 20 Juli.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa Komite ini berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Komite tersebut terdiri atas:

1. Komite Kebijakan
2. Satuan Tugas Penanganan COVID-19, dan
3. Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional

Keputusan Presiden Jokowi yang membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 secara otomatis melepas jabatan ketua gugus yang dipegang Dony Monardo. 

Selanjutnya, Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pimpinan Doni yang ditunjuk sebagai Satgas Penanganan Covid-19 setelah gugus tugas dibubarkan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan akan menyiapkan beberapa program setelah dirinya ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Satgas Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19. Ia tegaskan akan berikan program kerja yang dia miliki dalam waktu satu minggu kedepan.

Program kerja tersebut akan diserahkan kepada ketua tim satgas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Erick mengakui hal itu merupakan tugas yang berat dikarenakan tim kesehatan dan juga tim ekonomi yang harus berjalan beriringan.

Ia menambahkan, dirinya akan bersinergi dengan seluruh kementerian. Ia juga berharap dukungan media untuk sosialisasikan seluruh program tersebut.(*)

loading...
 Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 17:19:42 WIB

    Bubarkan Gugus Tugas Berganti Menjadi Satuan, Ini Alasan Jokowi

    Bubarkan Gugus Tugas Berganti Menjadi Satuan, Ini Alasan Jokowi HARIANHALUAN.COM – Menanggapi banyaknya komentar miring terkait dibubarkannya gugus tugas, pemerintah pun menjelaskan secara detail maksud dan tujuan dari bergantinya nama Gugus Tugas menjadi Satuan Tugas penanganan Covid-1.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 21:07:16 WIB

    Temukan Super Spreader COVID-19, Gugus Tugas Riau Kritik Rapid Test

    Temukan Super Spreader COVID-19, Gugus Tugas Riau Kritik Rapid Test HARIANHALUAN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daerah Riau mengungkapkan tentang ditemukannya super spreader dalam penularan COVID-19. Ini yang diyakini menjadi salah satu pemicu kenaikan kasus positif COVID-19.
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 16:33:10 WIB

    Kemendikbud: Pembukaan Sekolah Tergantung Gugus Tugas

    Kemendikbud: Pembukaan Sekolah Tergantung Gugus Tugas HARIANHALUAN.COM - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengatakan, pembuka.
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 23:17:35 WIB

    Sebelum Beli Tiket Pesawat, Sebaiknya Penuhi Dulu Syarat Gugus Tugas

    Sebelum Beli Tiket Pesawat, Sebaiknya Penuhi Dulu Syarat Gugus Tugas HARIANHALUAN.COM - Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengingatkan agar para calon penumpang pesawat bisa mengikuti pedoman teknis dan tahapan yang sudah diatur saat mau naik pesawat. Salah satunya adalah dalam pembelian .
  • Senin, 08 Juni 2020 - 07:40:17 WIB

    Hasil Survei: Masyarakat Lebih Puas Kerja Gugus Tugas daripada Jokowi

    Hasil Survei: Masyarakat Lebih Puas Kerja Gugus Tugas daripada Jokowi HARIANHALUAN.COM - Indikator Politik Indonesia merilis survei terkait persepsi publik dalam penanganan virus Corona. Hasilnya, tingkat kepuasan publik terhadap Gugus Tugas Covid-19 lebih tinggi ketimbang pemerintah pusat dala.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]