Peminat Politeknik Negeri Padang Tembus 39 Ribu, Kuota yang Tersedia Hanya 1.051


Selasa, 21 Juli 2020 - 10:44:13 WIB
Peminat Politeknik Negeri Padang Tembus 39 Ribu, Kuota yang Tersedia Hanya 1.051 Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM - Peminat Politeknik Negeri Padang (PNP) mencapai 39.885 orang jika digabungkan dengan pilihan ke-2 dan ke-3. Sedangkan, jumlah peminat masuk di kampus pendidikan vokasi pada tahun ini mencapai 15.031 orang dengan peminat pilihan 1 saja. Sementara jumlah yang diterima adalah 1.051 orang

Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, Seleksi Mandiri merupakan salah satu jalur penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Padang Tahun 2020 disamping 3 jalur lainnya, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Padang (SNMPN) yang dilaksanakan serentak bersama 42 Politeknik Se-Indonesia, Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri Padang (SBMPN), yang diselenggarakan bersama khusus seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia.

Selanjutnya, Penerimaan Mahasiswa Baru Kelas Kerjasmaa dengan PT. Trakindo untuk Prodi Teknik Alat Berat, dan Pendaftaran Kelas MSU International Progression Program.

Surfa Yondri menyebutkan, sampai dengan pelaksanaan 6 jalur pendaftaran tersebut, jumlah peminat Masuk Politeknik Negeri Padang tahun ini mencapai 15.031 orang dengan peminat pilihan 1. Jika peminatnya digabungan dengan memilih pilihan 2, dan 3 berjumlah 39.885 orang dari seleksi yang sudah dilaksanakan.

"Namun jika hanya peserta yang memilih pilihan satu di Politeknik Negeri Padang sebanyak 15.031 orang. Sementara jumlah yang kita terima hanya 1.091 orang. Pada kelas mandiri ini Politeknik Negeri Padang hanya akan menerima mahasiswa sebanyak 413 orang," sebut Surfa Yondri.

Melihat kondisi itu, Surfa Yondri menilai, angka ini menujukkan bahwa minat masyarakat masuk Politeknik, khususnya PNP semakin hari semakin lebih baik. Artinya masyarakat mulai memahami bahwa pendidikan Politeknik adalah pendidikan yang menyiapkan tenaga terampil dan profesional.

"Dengan dukungan industri yang cukup tinggi maka kuliah di Politeknik sangat cocok dikembangkan. Apalagi kemitraan perguruan tinggi dengan industri sudah merupakan suatu hal yang harus kita ciptakan seiring dengan Dirjen Vokasi dengan istilah pernikahan massal," ujar Surfa Yondri. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]