Pilkada Pasaman, Mantan Ketua KPU Prediksi Paslon Benny Utama-Sabar AS Tak Ada Lawan


Selasa, 21 Juli 2020 - 11:26:07 WIB
Pilkada Pasaman, Mantan Ketua KPU Prediksi Paslon Benny Utama-Sabar AS Tak Ada Lawan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman akan segera bergulir pada 9 Desember 2020. Tak heran, konstelasi politik di kabupaten paling utara Sumatera Barat ini semakin menghangat.

Dari informasi yang dihimpun, kontestasi Pilkada di Kabupaten Pasaman bakal diikuti lebih dari tiga paslon. Mereka akan bertarung memperebutkan singgasana kekuasaan kursi bupati, wakil bupati untuk periode 4 tahun ke depan. 

Selain bakal paslon Benny Utama-Sabar AS yang sudah mengantongi rekomendasi dari Partai Golkar, kandidat lain yang diprediksi maju adalah wakil bupati petahana, Atos Pratama. 

Ia digadang akan duet bersama mantan Sekda Kabupaten Pasaman periode 2016-2018, M Saleh Nasution. Namun, hingga kin bakal pasangan calon ini belum mengantongi rekomendasi dari parpol apapun. 

Selain kedua paslon itu, figur lainnya yang santer dibicarakan oleh publik, adalah M Halim Nasution. Kolega Bupati Pasaman saat ini, juga diprediksi ikut meramaikan pilkada nanti. Rahmat Saleh Nst, kader PKS, Sudirman Pasaribu dan Rispondi. 

Namun hal berbeda malah dilontarkan oleh mantan Ketua KPU Pasaman periode 2008-2013, Yunzar Lubis. Menurutnya, kontestasi Pilkada di Pasaman hanya akan diikuti satu pasangan calon saja, yaitu Benny Utama-Sabar AS yang sudah pasti maju pada pesta demokrasi lima tahunan nanti. 

"Prediksi saya, cuma satu pasangan calon (Benny Utama-Sabar AS). Pilkada hemat, tanpa gesekan yang berarti, dan tanpa kampanye negatif. Pilkada nyaman," ujar Suhu, panggilan karib Yunzar Lubis, menanggapi pertanyaan harianhaluan.com, Selasa (21/7).

Yunzar menyebutkan, itu baru sebatas pengamatannya saja, belum pasti. Untuk lebih pastinya, siapa berpasangan dengan siapa akan terlihat saat deklarasi pasangan calon nantinya. 

"Soal siapa berpasangan dengan siapa, tentulah kita tunggu deklarasi pasangan. Kalau yang ada sekarang, baru sekedar informasi tak resmi," ujarnya. 

Terkait pasangan Benny Utama - Sabar AS, informasinya, kata Yunzar, sudah direkomendasi Partai Golkar dan Partai Demokrat. "Faktanya, tentu kita tunggu deklarasinya," tambahnya lagi.

Ia menambahkan, bahwa peluang kandidat lain di luar paslon BeSar (Benny-Sabar) tentu masih tetap terbuka. Tetapi, partai politik yang akan mencalonkan mereka, akan berhitung matang. Kajian dan analisa untung ruginya jelas akan jadi pertimbangan. 

"Rahmat Saleh Nst, okelah dengan PKS. Tetapi Atos Pratama adalah kader partai Golkar, sedangkan partai Golkar sudah merekomendasikan Benny Utama," ujarnya. 

Menurut Yunzar, sulit bagi partai politik mengusung calon yang bukan kadernya. Partai, kata dia, tak akan begitu mudah berspekulasi mengusung Atos Pratama melawan Benny Utama - Sabar AS yang berdasarkan survey adalah pasangan yang kuat.

"Popularitas dan elektabilitasnya (Benny-Sabar) paling tinggi dengan selisih sangat jauh dengan popularitas dan elektabilitas Atos Pratama. Sementara, PKS tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan sendirian," ungkapnya. 

Lanjut Yunzar, bukan tidak mungkin Pilkada Pasaman di tahun ini hanya akan memunculkan satu nama pasangan calon saja. Benny Utama-Sabar AS diprediksi akan melawan kotak kosong pada Pilkada Pasaman 2020, 9 Desember mendatang. 

"Melawan kotak kosong, diatur undang-undang. Sah-sah saja," tegas Yunzar. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]