Waspada, 7 Aplikasi VPN Gratis Ini Sering Bocorkan Data Pengguna


Selasa, 21 Juli 2020 - 11:55:19 WIB
Waspada, 7 Aplikasi VPN Gratis Ini Sering Bocorkan Data Pengguna Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Tujuh aplikasi VPN gratis ketahuan membocorkan jutaan data pengguna. Temuan dari vpnMentor ini juga menyebutkan setidaknya ada 20 juta pengguna yang mengalami kebocoran data akibat aplikasi VPN tersebut.
Ketujuh aplikasi tersebut adalah:
- UFO VPN,
- FAST VPN,
- Free VPN,
- Super VPN,
- Flash VPN,
- Secure VPN
- Rabbit VPN.  

Berdasarkan pantauan vpnMentor, total data yang bocor setidaknya berjumlah 1,207 TB. UFO VPN, sebuah layanan yang berbasis di Hong Kong, memiliki basis data yang terekspos dengan jumlah data 894GB. 

Dilansir dari Android Police, UFO VPN tersedia di Android, dan memiliki lebih dari 10 juta instalasi di Play Store.  Data tersebut  tersebut meliputi kata sandi akun, sesi VPN rahasia dan tokem, alamat IP perangkat dan server klien, sistem operasi yang digunakan, dan banyak lagi. 

Sementara itu FAST VPN, Super VPN, dan Secure VPN telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali.  Free VPN telah diunduh sebanyak 100 ribu kali, dan Flash VPN 10 ribu kali.

Selain itu, vpnMentor menemukan log berisi aktivitas di server yang meliputi nama, alamat email, alamat rumah, hingga data mengenai transaksi Bitcoin. Dilansir dari  Ihodl, vpnMentor juga percaya bahwa semua aplikasi sebenarnya dibuat oleh pengembang yang sama. 

Sebelumnya,  aplikasi VPN dan pemblokir iklan besutan Sensor Tower juga ketahuan diam-diam mengumpulkan data pengguna Android dan iOS.

Kedua aplikasi tersebut mengirimkan data-data yang dikumpulkan ke Sensor Tower meski membantah hubungan antara aplikasi dengan Sensor Tower.

Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 35 juta kali oleh pengguna iOS dan Android. Sejak 2015, Sensor Tower diketahui setidaknya memiliki 20 aplikasi di Android maupun iOS.

Empat aplikasi baru, yakni Free and Unlimited VPN, Luna VPN, Mobile Data, dan Adblock Focus baru saja tersedia di Google Play Store. Adblock Focus dan Luna VPN hanya ada di App Store Apple.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 06:48:12 WIB

    Waspada, Ini Ciri-ciri Ponsel Dikloning Orang Lain

    Waspada, Ini Ciri-ciri Ponsel Dikloning Orang Lain HARIANHALUAN.COM - Hati-hati dengan ponsel anda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membajak ponsel seseorang. Diketahui, sebagian besar ponsel memiliki kartu SIM dengan nomor IMEI yang dilindungi oleh kode rahasia yan.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 08:41:30 WIB

    Sering Akses Facebook dan YouTube? Waspada, Anda Bisa Terjebak Hal Ini

    Sering Akses Facebook dan YouTube? Waspada, Anda Bisa Terjebak Hal Ini HARIANHALUAN.COM - Pengguna internet yang sering menggunakan media sosial seperti Facebook dan YouTube untuk mencari informasi seputar virus Corona ditemukan lebih mudah percaya akan teori konspirasi seputar penyakit ini..
  • Senin, 08 Juni 2020 - 10:57:58 WIB

    Waspada, Ada 29.000 Aplikasi Android Terdeteksi Berbahaya

    Waspada, Ada 29.000 Aplikasi Android Terdeteksi Berbahaya HARIANHALUAN.COM - Aplikasi berbahaya Android kini banyak tersebar untuk menghasilkan uang dan berdampak negatif pada ponsel pengguna beberapa tahun terakhir. Beberapa aplikasi ini menjalankan iklan video di latar belakang ya.
  • Rabu, 25 Desember 2019 - 13:48:11 WIB

    Waspada, Ada 104 Aplikasi Berbahaya di Android

    Waspada, Ada 104 Aplikasi Berbahaya di Android JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak daftar aplikasi Android berbahaya yang dirilis sepanjang 2019 karena berisiko mencuri data pribadi pengguna, mengklik iklan diam-diam, mengambil alih kendali ponsel, dan masih banyak lagi ke.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]