Viral 'Indomie Rasa Daging Babi', Fakta atau Hoax?


Selasa, 21 Juli 2020 - 13:04:25 WIB
Viral 'Indomie Rasa Daging Babi', Fakta atau Hoax? Hoax Indomie rasa daging babi. Foto: cekfakta.com

HARIANHALUAN.COM – Jagad maya kembali dihebohkan dengan beredarnya foto varian 'Indomie Rasa Daging Babi'. Foto itu pertama kalinya diunggah oleh akun Falah Ipay (fb.com/falah.ipay.9). Unggahan itu beruapa satu produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, yaitu Indomie yang seolah adalah varian “Rasa Saksang Babi”.

Unggahan itu juga disertai narasi “Indomie seleraku Rasa babi emmm endull”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim bahwa ada foto produk Indomie Rasa Saksang Babi adalah klaim sayang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto suntingan atau editan. Pada foto asli, varian rasa Indomie itu adalah Rasa Soto Medan.

Salah satunya diunggah di situs jual beli Tokopedia oleh akun KEDAI HARIAN ETEK dengan judul “INDOMIE RASA SOTO MEDAN”. Foto tersebut identik dengan foto yang sudah diedit, terutama pada bagian latar belakang dan tanggal kedaluwarsa produk di foto tersebut yang itu 28 01 20.

Pihak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk juga menegaskan bahwa klaim itu hoax, karena Indofood hanya memproduksi produk halal.

Lewat akun media sosialnya, pihak Indomie juga menegaskan, komitmennya bahwa seluruh produk Indomie halal dan aman dikonsumsi.

“Hai Indomielovers! Kami berkomitmen bahwa seluruh produk Indomie sudah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI agar aman dan halal dikonsumsi, jadi kamu ngga perlu khawatir. Kami selalu memastikan keamanan & kehalalan produk Indomie selalu terjaga, demi kenyamanan kamu,” tulis Indomie, Senin, 20 Juli 2020.

Kesimpulan

Foto yang beredar itu adalah suntingan atau editan. Pada foto asli, varian rasa Indomie itu adalah Rasa Soto Medan. Pihak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk juga menegaskan bahwa klaim itu hoax, karena Indofood hanya memproduksi produk halal. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 17:50:29 WIB

    Kenapa Gim Among Us Bisa Mendadak Viral? Ini Fakta-faktanya

    Kenapa Gim Among Us Bisa Mendadak Viral? Ini Fakta-faktanya HARIANHALUAN.COM - Dunia dihebohkan dengan online gim sejenis permainan werewolf. Gim yang telah lama rilis ini mengisahkan tentang perjalanan 10 kru pesawat yang terjebak dengan 1 sampai 3 pengkhianat atau pembunuh yang dibe.
  • Ahad, 30 Agustus 2020 - 12:03:44 WIB

    Viral Tren Edit Wajah Jadi Tokoh Komik, Kamu Sudah Coba?

    Viral Tren Edit Wajah Jadi Tokoh Komik, Kamu Sudah Coba? HARIANHALUAN.COM - Komik selalu bisa menghadirkan hiburan menyenangkan dengan gambar yang dinamis, karakter yang kuat, dan cerita yang seru. Hanya dengan gambar, bisa membawa penikmatnya ke dalam petualangan seru yang ingin d.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 09:54:02 WIB

    Viral, Begini Cara Pakai Doublicat

    Viral, Begini Cara Pakai Doublicat HARIANHALUAN.COM - Satu lagi aplikasi yang viral di media sosial belakangan ini. Setelah FaceApp, kini ada Doublicat, aplikasi deepfake yang banyak digunakan warganet untuk 'mengubah' wajah pengguna..
  • Selasa, 05 November 2019 - 12:46:37 WIB

    Video Viral Pelajar Meninggal Saat Main Gim Online? Ini Faktanya

    Video Viral Pelajar Meninggal Saat Main Gim Online? Ini Faktanya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah video beredar luas melalui jejaring media sosial WhatsApp. Diketahui, bahwa siswa yang ada dalam video tersebut bersekolah di salah satu SMA di Luwu Timur, Sulawesi Selatan berinisial FH. .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]