Ini Keutamaan 10 Hari Pertama Zulhijah, Waktu Terbaik Beramal


Selasa, 21 Juli 2020 - 14:53:55 WIB
Ini Keutamaan 10 Hari Pertama Zulhijah, Waktu Terbaik Beramal Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Datangnya bulan Zulhijah tentu menjadi kegembiraan bagi semua umat Islam. Sebab Zulhijah merupakan bulan istimewa dan memiliki banyak keutamaan, terutama di 10 hari pertama.

Pada awal bulan ini kaum Muslimin disunahkan menjalankan puasa Zulhijah yakni puasa delapan hari, termasuk puasa Tarwiyah yang akan jatuh pada Rabu 29 Juli. Dilanjutkan puasa Arafah yang jatuh pada Kamis 30 Juli 2020.

Baca Juga : Butuh Tidak? Sembilan Kabupaten Kota Belum Minta Bankeu Guru Bantu

Rasulullaah Shallallaahu alaihi wa sallam bersabda:

صوم عاشوراء يكفر السنة الماضية وصوم عرفة يكفر السنتين الماضية والمستقبلة (رواه النسائي)

Baca Juga : Peluang Kerja Lulusan Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan Politeknik ATI Padang Terbuka Lebar

Artinya: "Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu, dan puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." (HR An-Nasaa’i)

Sedangkan hari ke-10 Zulhijah dilarang berpuasa karena Idul Adha. Pada hari raya kurban ini diharamkan berpuasa berdasarkan hadis riwayat Ahmad, An-Nasaa'i, dan Abu Daud (Nail Al Authaar IV/328).

Baca Juga : PNP-UiTM Malaysia Sepakat Kerjasama Student Exchange hingga Joint Research 


Berikut ini keutamaan 10 hari pertama bulan Zulhijah, sebagaimana dikutip dari About Islam, Selasa (21/7/2020).

1. Bulan istimewa

Baca Juga : Buruan Daftar, Kampus AKBP-STIE KBP Banjir Beasiswa Loh!

Keutamaan lainnya dari Zulhijah merupakan bulan yang istimewa dan telah dibuktikan dalam ayat Alquran. Dalam riwayatnya, sahabat Ibnu Abbas dan Ibnu Az-Zubair menafsirkan dalam Alquran Surah Al Fajr ayat 1–3 yang artinya:

"Dan demi waktu fajar. Dan malam-malam yang 10. Dan yang genap dan yang ganjil." (QS Al Fajr: 1–3)

2. Waktu terbaik beramal

Pada 10 hari pertama Zulhijah ini Muslimin dianjurkan beribadah dan beramal baik yang banyak karena dalam waktu ini Allah Subhanahu wa ta'ala lebih banyak mengampuni kesalahan hamba-Nya.

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu meriwayatkan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:

"Tidak ada hari di mana suatu amal salih lebih dicintai oleh Allah melebihi amal salih yang dilakukan pada 10 hari ini (awal Zulhijah)."

Para sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah?"

Kemudian Rasulullah menjawabnya, "Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan perang), dan tidak ada satu pun yang kembali." (HR Bukhari, Ahmad, Abu Daud, dan At-Tirmidzi)

3. Bulan pengorbanan

Dalam ajaran Islam, beberapa bulan memiliki makna tersendiri, misalnya Ramadhan yang penuh ampunan dan pahala dilipatgandakan. Zulhijah merupakan bulan pengorbanan sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud yang disahihkan oleh Al Albani, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menggambarkan Zulhijah merupakan bulan pengorbanan, sebagai hari terbaik di hadapan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk beribadah secara maksimal.

4. Hari terbaik bagi Rasulullah

Hari-hari pada bulan Zulhijah, diyakini merupakan hari yang terbaik yang pernah ada menurut Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Beliau bersabda:

"Tidak ada hari di mana amal salih lebih dicintai oleh Allah melebihi hari-hari ini –yaitu 10 hari pertama Zulhijah." (HR Bukhari)

5. Hari berkah di waktu Arafah

Hari Arafah merupakan hari yang spesial bagi umat Islam. Arafah menjadi salah satu tempat yang penting saat melaksanakan ibadah haji.

Oleh karena itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyarankan kepada Muslimin yang tidak berhaji untuk berpuasa Arafah.

Pada hari ini Allah Subhanahu wa ta'ala mengaruniai kepada para hamba-Nya dengan mengampuni dosa-dosa selama satu tahun sebelum dan sesudahnya.

Di hadis lain Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللهُ فِيْهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

Artinya: "Tidak ada hari yang Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka, lebih banyak daripada di hari Arafah." (HR Muslim)

Sepuluh hari pertama bulan Zulhijah inilah menjadi kesempatan bagi semua mukmin untuk beribadah serta lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. bisa dengan berzikir, doa, maupun melaksanakan puasa sunah Arafah.

Hendaknya setiap Muslimin tidak menyia-nyiakan kesempatan berharga ini, sebab lebih bernilai dari apa pun di dunia. Semoga bisa mengamalkannya. Amin.

Wallahu a'lam.

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]