Vaksin China Tiba di Indonesia, Ahli Epidemiologi Sebut Banyak Orang Ingin Keajaiban


Selasa, 21 Juli 2020 - 20:40:30 WIB
Vaksin China Tiba di Indonesia, Ahli Epidemiologi Sebut Banyak Orang Ingin Keajaiban Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono meragukan vaksin tersebut mampu menyelesaikan masalah pandemi COVID-19 di Indonesia

HARIANHALUAN.COM - Hingga saat ini masih banyak spekulasi soal temuan vaksin virus Corona (COVID-19). Tak terkecuali, kabar vaksin asal China yang konon sudah tiba di Tanah Air.

Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono meragukan vaksin tersebut mampu menyelesaikan masalah pandemi COVID-19 di Indonesia. Menurutnya, belum ada temuan hingga saat ini bisa dikategorikan sebagai vaksin yang efektif dan aman bagi kesehatan penyintas Corona. 

“Harus lewat vaksin yang betul-betul efektif dan aman. Tapi sekarang itu malah banyak orang pengen ada keajaiban, misalnya sudah dapat vaksin dari China. Nanti ada keajaiban minyak kayu putih, keajaiban obat lainnya,” ujar Pandu terheran dilansir dari SINDOnews, Senin (20/7/2020). 

Terkait kedatangan vaksin dari China itu, ia juga bingung dengan mekanisme penanganan wabah saat ini. Standar prosedur kesehatan di tengah kondisi darurat seakan tidak lagi diutamakan. 

“Jadi prosedur standarnya sudah dilampaui, seakan-akan dalam kedaruratan itu boleh ngapain aja. Seakan-akan semua perintah atas nama Presiden. Kan presiden juga enggak tahu apa-apa. Kasian Pak Jokowi,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, vaksin COVID-19 dikabarkan telah tiba di Tanah Air. Produk tersebut dikabarkan buatan Sonovac, China. Bahkan dikabarkan siap dilakukan uji klinis tahap III. (*)

loading...
 Sumber : sindonews.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]