Istana Sebut Vaksin Sinovac akan Diproduksi Besar-besaran


Selasa, 21 Juli 2020 - 21:04:13 WIB
Istana Sebut Vaksin Sinovac akan Diproduksi Besar-besaran Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah terus mengupayakan uji klinis tahap 3 untuk vaksin Sinovac yang didatangkan dari China. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menjelaskan vaksin akan diproduksi secara besar-besaran, terutama di delapan provinsi utama.

Yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Papua.

"Kita akan memproduksi secara besar-besaran dan nanti vaksin ini kita akan distribusikan ke seluruh provinsi. Termasuk prioritas 8 provinsi yang utama," kata Pramono di Pressroom Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (21/7).

Pramono mengharapkan vaksin tersebut akan rampung pada Desember atau awal tahun 2012. Yang nantinya akan dilakukan tahap lanjutan.

"Vaksin mudah-mudahan dalam bulan Desember atau Januari kita sudah bisa bekerja sama dengan Sinovac," jelas Pramono.

Sebelumnya diketahui Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, uji klinis tahap 3 vaksin Covid-19 dijadwalkan akan berjalan selama enam bulan. Sehingga ditargetkan akan selesai pada bulan Januari 2021.

"Apabila uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 lancar, maka Bio Farma akan memproduksinya pada kuartal pertama 2021 mendatang, dan kami sudah mempersiapkan fasilitas produksinya di Bio Farma, dengan kapasitas produksi maksimal di 250 juta dosis," katanya di Jakarta, Selasa (21/7).

Dia menambahkan, alasan pemilihan Sinovac sebagai mitra adalah platform vaksin/metode pembuatan vaksin yang digunakan oleh Sinovac, sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bio Farma saat ini. Dengan metode inaktivasi tersebut, Bio Farma sudah memiliki pengalaman dalam pembuatan vaksin seperti vaksin Pertusis.

Indonesia melalui Induk Holding BUMN Farmasi Bio Farma, siap untuk melakukan uji klinis tahap 3 untuk vaksin Covid-19. Sebagai tahap awal Uji Klinis tahap 3, vaksin dari Sinovac, China, sudah tiba di Bio Farma pada tanggal 19 Juli 2020, sebanyak 2.400 vaksin.

Kedatangan vaksin Covid-19 dari Sinovac akan digunakan untuk kebutuhan fase uji klinis tahap 3 pada Agustus 2020 mendatang. (*)

loading...
 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 Oktober 2020 - 14:29:14 WIB

    Istana Akui Hapus 1 Pasal UU Ciptaker

    Istana Akui Hapus 1 Pasal UU Ciptaker HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono mengakui ada penghapusan pasal dalam Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja usai disahkan dalam sidang paripurna di DPR 5 Oktober lalu..
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:36:20 WIB

    Istana Sebut Revolusi Ahklak Habib Rizieq Seruan Penggulingan Kekuasaan

    Istana Sebut Revolusi Ahklak Habib Rizieq Seruan Penggulingan Kekuasaan HARIANHALUAN.COM - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Donny Gahral Adian dinukil menilai revolusi akhlak Habib Rizieq Shihab sebagai seruan penggulingan kekuasaan Presiden Joko Widodo. Dia mengingatkan revolusi akhlak.
  • Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:03:28 WIB

    Demo Diadang Kawat Berduri, Mahasiswa Gagal Tembus Istana

    Demo Diadang Kawat Berduri, Mahasiswa Gagal Tembus Istana HARIANHALUAN.COM - Massa aksi unjuk rasa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) gagal mencapai Istana Kepresidenan Jakarta karena diadang barikade kawat berduri..
  • Jumat, 16 Oktober 2020 - 06:32:49 WIB

    Hari Ini BEM SI Jabodetabek Gelar Aksi Unjuk Rasa, Lalin Sekitar Istana Ditutup

    Hari Ini BEM SI Jabodetabek Gelar Aksi Unjuk Rasa, Lalin Sekitar Istana Ditutup HARIANHALUAN.COM - Hari ini, Jumat (16/10/2020) Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan kembali berunjuk rasa menolak omnibus law UU Cipta Kerja di depan Istana. Arus lalu lintas di sekitar istana ditutup..
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 12:06:59 WIB

    Massa Buruh Mulai Berdatangan Menuju Istana, Tolak RUU Ciptaker

    Massa Buruh Mulai Berdatangan Menuju Istana, Tolak RUU Ciptaker HARIANHALUAN.COM - Sejumlah buruh kembali berdatangan untuk menggelar aksi unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2020). Mereka ingin menyampaikan aspirasinya d.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]