Perkenalkan Wisata Puncak Koto Panjang, Pokdarwis Beringin Sakti Gelar Festival Budaya


Selasa, 21 Juli 2020 - 22:09:06 WIB
Perkenalkan Wisata Puncak Koto Panjang, Pokdarwis Beringin Sakti Gelar Festival Budaya Salah satu sudut pandang di kawasan objek wisata Puncak Koto Panjang.

HARIANHALUAN.COM - Promosikan wisata Puncak Koto Panjang kepada masyarakat luas, Pokdarwis Beringin Sakti, Koto Panjang, Nagari Lansekkadok, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, bakal menggelar pentas seni budaya. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Koto Panjang, Hendra membenarkan bahwa pihaknya akan menggelar pentas seni budaya di kawasan objek wisata kekinian tersebut. Upaya itu, kata dia, untuk mempromosikan wisata puncak Koto Panjang  agar lebih dikenal. 

"Insya Allah, dalam waktu dekat. Dan, ini pertama kalinya kita gelar, dengan harapan objek wisata puncak Koto Panjang bisa dikenal bukan hanya di Pasaman, tapi nasional, bahkan internaional. Kita sebagai pemuda tempatan harus bisa menjaga serta mengembangkannya," ujar Hendra di Rao Selatan, Selasa (21/7).

Ia menyatakan, kegiatan itu digelar untuk melestarikan dan menumbuhkan minat terhadap seni dan budaya asli daerah itu, membangun kebersamaan dan membangun kreativitas masyarakat agar lebih sadar wisata.

"Sejumlah seni tradisional akan memeriahkan pentas seni budaya nantinya. Diantaranya, ada tari piring, randai dan silek situo. Pengisi acara 100 persen pemuda pemudi Koto Panjang," ucapnya. 

Saat ini, kata dia, objek wisata puncak Koto Panjang mulai hits dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Rata-rata tingkat kunjungan wisatawan per hari mencapai ratusan orang. Malah, keberadaan objek wisata itu, kini mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat. 

"Jumlah pengunjung 200 orang dihari biasa dan mencapai 1000 orang dihari libur. Sekitar 10 KK juga membuka warung sederhana disekitar lokasi wisata, dengan omset penjualan per hari mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah," katanya.

Menurutnya, pemuda harus mampu menjadi katalisator (Seseorang yang menyebabkan terjadinya perubahan). Itulah prinsip yang selalu ia tekankan sebagai ketua pengelola wisata puncak Koto Panjang kepada pemuda setempat. 

"Untuk melakukan suatu perubahan, kita tidah boleh berpangku tangan menunggu hadirnya pemerintah untuk membangun daerah, tapi kita harus mampu menjadi mitra pemerintah. Bukan berarti kita anti dengan pemerintah," ujarnya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yozarwardi Usama Putra mengapresiasi upaya pemuda setempat dalam memajukan destinasi wisata tersebut. Ditambah lagi pengelolaan hutan pinus di puncak Koto Panjang itu dikelola oleh pemuda millenial. 

"Saya memberi apresiasi atas upaya memanfaatkan potensi sumber daya alam untuk ekowisata. Apalagi yang mengelolanya adalah anak-anak milenial, yang tinggal di sekitar lokasi tersebut (hutan)," ujarnya. (*)

 

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 20:06:51 WIB

    LPKA Tanjung Pati Perkenalkan 15 Resolusi Pemasyarakatan

    LPKA Tanjung Pati Perkenalkan 15 Resolusi Pemasyarakatan LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Lembaga Pembinaan Khusus Anak/LPKA Tanjung Pati atau yang dulu bernama LP Tanjung Pati, terus berbenah dan membuka diri untuk perkembangan LPKA kedepan menjadi salah satu lembaga yang terbai.
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 17:30:30 WIB

    Pemko Bukittinggi Perkenalkan Kartu BRIZZI ke Masyarakat

    Pemko Bukittinggi Perkenalkan Kartu BRIZZI ke Masyarakat BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Kartu BRIZZI mulai dikenal masyarakat sejak Pemko Bukittinggi memberlakukan kartu tersebut untuk masuk ke objek wisata Panorama Lobang Jepang dan Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) atau.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:09:15 WIB

    Perkenalkan Agam Melalui Festival Internasional Sonsang

    Perkenalkan Agam Melalui Festival Internasional Sonsang AGAM, HALUAN — Jorong Son­sang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, gelar festival bertaraf internasional. Festival ini sendiri dihelat dari 27 hingga 28 Agustus 2016 di objek wisata Embung Tirta Sari..
  • Senin, 02 Maret 2015 - 19:16:17 WIB

    Kuliner Danau Maninjau Akan Diperkenalkan ke Mancanegara

    GAPOKLAHSAR PERIKANAN MANINJAU LESTARI TERBENTUK

    AGAM, HALUAN — Kini penikmat Danau Maninjau sudah bisa mencicipi hidangan khas danau yang ditata secara apik oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Gab.

  • Senin, 09 Februari 2015 - 19:28:07 WIB

    Dishutbun Perkenalkan Hutan Bukan Kayu

    AGAM, HALUAN — Dinas  Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam, terus mendorong, kelompok petani dalam mengelola hasil Hutan Bukan Kayu (HBK).

    Upaya ini dilakukan agar prekonomian masyarakat me­ningkat. Kepala D.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]