Inovasi Sapu Tangan Ala Vonnie di Tilkam, Buah Tangan untuk Tamu


Selasa, 21 Juli 2020 - 22:15:35 WIB
Inovasi Sapu Tangan Ala Vonnie di Tilkam, Buah Tangan untuk Tamu Inovasi Sapu Tangan Ala Vonnie di Tilkam, Buah Tangan untuk Tamu

HARIANHALUAN.COM - Inovasi sapu tangan sebagai bentuk pemberian sesuatu kepada para tamu yang datang dalam bentuk kenang-kenangan atau cindera mata dari Kecamatan Tilatang Kamang.

Inovasi tersebut digagas oleh Ketua TP PKK Kecamatan Tilatang Kamang, Ny Vonnie Ade Harlien. Camat Tilatang Kamang, Ade Harlien mengatakan, inovasi ini diberi nama Sapu Tangan (Seserahan Pulang Bentuk Buah Tangan) dari Tilatang Kamang. 

"Awalnya yang mempunyai Ide Inovasi sapu tangan ini adalah Ketua TP PKK Kecamatan Tilatang Kamang," kata Ade, Selasa (21/7/2020).

Ade Harlien menambahkan, yang menjadi buah tangan itu sendiri adalah hasil dari pertanian, buah-buahan, serta hasil produk dari kelompok dasawisma yang ada di Kecamatan Tilatang Kamang.

“Uniknya inovasi sapu tangan ini adalah, buah tangan yang diberikan kepada tamu, tidak dibungkus dengan kantong plastik maupun kertas atau sejenis lainya, melainkan dengan kain pembungkus yang biasa digunakan oleh orang-orang dahulu, yaitu kain pembungkus silungkang,” katanya.

Inovasi sapu tangan ini selain membangkitkan kembali kebiasaan dan budaya lama yang suka memberi, juga memperkenalkan dan mempromosikan hasil pertanian dan buah-buahan, serta kerajinan tangan, yang merupakan produk asli dari Kecamatan Tilatang Kamang. 

Sehingga masyarakat terbantu dalam pemasaran produk yang mereka hasilkan. Inovasi tersebut langsung di launching oleh Ketua TP PKK Kabupaten Agam Ny Vita Indra Catri di Aula Kantor Camat Tilatang Kamang. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:39:06 WIB

    Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi, Pelaku UMKM Dibekali Pelatihan

    Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi, Pelaku UMKM Dibekali Pelatihan HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 37 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) angkatan pertama di Pasaman, mengikuti pelatihan manajemen kewirausahaan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pasaman.
  • Kamis, 20 Juni 2019 - 23:59:15 WIB

    Puskesmas Gunuang Malintang Ciptakan Inovasi Baru

    Puskesmas Gunuang Malintang Ciptakan Inovasi Baru LIMAPULUH KOTA,HARIANHALUAN.COM-uskemas Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, menciptakan sebuah inovasi program untuk masyarakat di wilayah binaannya. Sedikitnya tiga Inovasi yang dilaksa.
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 13:42:15 WIB

    RSUD Padang Pajang, Luncurkan Tiga Inovasi Baru

    RSUD Padang Pajang, Luncurkan Tiga Inovasi Baru PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Dorongan untuk selalu berinovasi dan berimprovisasi yang selalu ditekankan Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis kepada instansi pelayanan di Kota Serambi Mekah berhasil diwujudkan RSUD Kota.
  • Jumat, 21 April 2017 - 01:49:03 WIB
    MENTERI PPPA YOHANA YEMBISE

    Inovasi dan Kreasi Sawahlunto Layak Dicontoh

    Inovasi dan Kreasi Sawahlunto Layak Dicontoh LIRIK lagu Yamko Rambe Yamko, yang mengalun diiringi alat musik kesenian tradisional talempong, seolah menyatukan Yohana Susana Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan Kota Sawahlunto..
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:26:27 WIB

    Bupati Minta Setiap SKPD Ciptakan Inovasi

    Bupati Minta Setiap SKPD Ciptakan Inovasi Arosuka, Haluan — Bupati Solok H. Gusmal, Dt Rajo Lelo menyebutkan, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, setiap kepala SKPD harus mem­pu­nyai Inovasi dalam mem­beri­kan pelayanan kepada ma­syarakat. Hal .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]