Belajar Tatap Muka di Perguruan Thawalib Padang Panjang Dimulai Awal Agustus


Rabu, 22 Juli 2020 - 09:15:56 WIB
Belajar Tatap Muka di Perguruan Thawalib Padang Panjang Dimulai Awal Agustus Rapat pimpinan Perguruan Thawalib bersama Kepala Sekolah.

HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang memulai belajar secara tatap muka tahun ajaran 2020/2021 pada awal Agustus ini, setelah proses santri masuk asrama selesai. Berbagai persiapan belajar tatap muka terus dilakukan termasuk menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan Pimpinan Perguruan Thawalib Padang Panjang Buya, Dr. Zulkarnaini, Rabu (22/7/2020). 
 
Menurutnya, sesuai dengan agenda pendidikan yang telah ditetapkan di Perguruan Thawalib bahwa belajar tatap muka dimulai awal Agustus ini. Kata Buya Zulkarnaini, berbagai langkah persiapan untuk belajar tatap muka terus dilakukan. Pihaknya bersama Kepala Sekolah tingkat Thawalib (Tsanawiyah) dan tingkat Kuliyatul Ulum El Islamiyah (Aliyah) telah mengadakan rapat persiapan untuk belajar tatap muka. 

Keputusan belajar tatap muka Perguruan Thawalib sejalan dengan apa yang disampaikan Menteri Agama dan mengikuti panduan belajar tatap muka bagi pesantren. "Rapat yang diadakan pada Selasa kemarin itu membahas berbagai langkah persiapan belajar tatap muka," jelasnya.

Rencana belajar tatap muka sudah disampaikan secara resmi kepada Walikota Padang Panjang. Atas izin dari Wali Kota Padang Panjang, maka tahap pertama yang dilakukan adalah kedatangan santri masuk asrama dengan menerapkan protokol kesehatan. Para santri yang masuk asrama diperiksa kesehatan secara swab oleh tim kesehatan Pemko Padang Panjang.

Belajar Tatap Muka
Sebelum dimulai belajar tatap muka, seperti dijelaskan Bendahara Yayasan Thawalib H. Fauzan, berbagai hal disiapkan sesuai dengan protokol kesehatan seperti disediakan wastafel untuk cuci tangan baik di lingkungan sekolah maupun asrama. Kemudian, disediakan alat pengukur suhu badan, disediakan masker untuk santri dan guru serta berbagai aturan belajar dalam situasi pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah berbagai persiapan telah dilakukan termasuk membentuk Tim Gugus Tugas Covid 19 di Thawalib Putra dan di Thawalib Putri yang melaksanakan protokol kesehatan bagi santri dan guru," kata Fauzan.

Proses kedatangan santri, papar Fauzan, sudah dimulai sejak 16 Juli lalu untuk santri Thawalib Putri dan tanggal 20 Juli untuk santri Thawalib Putra. Kedatangan santri dilakukan secara bergiliran. Mengenai belajar tatap muka, kata Buya Zulkarnaini, persiapan bukan saja terkait protokol kesehatan, juga kesiapan tentang mata pelajaran dan guru. 

"Sesuai dengan visi misi Yayasan Thawalib, bahwa khittah pendidikan Thawalib harus dihidupkan dan dilaksanakan, sehingga lulus Thawalib adalah santri- santri Tafaqquh Fiddien," kata Buya Zulkarnaini.

Sesuai dengan ciri khas Thawalib, maka kitab kitab Thawalib akan diajarkan oleh para tenaga guru serta pada malam harinya akan diperkuat belajar malam di asrama. "Santri yang belajar di Perguruan Thawalib selain belajar pada pagi hari, juga belajar pada malam hari. Selama di asrama, para santri mendapat pembinaan dari guru asrama," jelas Buya Zulkarnaini.

Saat ini, santri Perguruan Thawalib ada di dua kampus, yakni santri putra di kampus Jalan Abd Hamid Hakim, Kelurahan Pasar Usang dan santri perempuan di kampus Jalan H. Agus Salim Kelurahan Guguk Melintang, Padang Panjang. Perguruan Thawalib menggunakan sistim boarding school dengan jenjang pendidikan Tsnawiyah (Thawalib) dan Aliyah (Kuliyatul Ulum El Islamiyah). (*)

loading...
 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]