Angka Covid-19 Tidak Diumbar Lagi, Ini Kata Pakar


Rabu, 22 Juli 2020 - 10:41:03 WIB
Angka Covid-19 Tidak Diumbar Lagi, Ini Kata Pakar ilustrasi Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono menilai tidak dilaporkan perkembangan kasus harian virus corona (Covid-19) berdampak baik untuk masyarakat. "Mungkin jauh lebih baik, masyarakat bisa tenang, mungkin [masyarakat] ga ngerti juga," kata Pandu melalui sambungan telepon dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, laporan kasus harian yang berisi tambahan data kasus konfirmasi positif, tambahan kasus sembuh dan tambahan data kasus kematian justru membuat masyarakat panik dan justru tidak produktif. "Baguslah, bosen juga yang dilaporkan kasus kematian, kasus positif, membuat panik," ucapnya.

Lebih lanjut, Pandu menilai keputusan untuk tidak melaporkan kasus harian bisa jadi adalah salah satu upaya pemerintah untuk membuat masyarakat tenang. Sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan produktif. "BNPB kan kerjanya memang menenangkan masyarakat saja, bukan menanggulangi pandemi," kata Pandu.

Meski begitu, Pandu menyarankan agar pemerintah melaporkan analisis perkembangan kasus mingguan. Laporan analisis ini berisi tren kasus, konsekuensi, dan penanganan yang dilakukan pemerintah. Hal itu bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat tentang perkembangan Covid-19 terkini. "Yang harus diumumkan itu hasil analisisnya, tren dan konsekuensinya apa, mengapa kondisi itu bisa terjadi, penanganannya seperti apa," katanya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk tidak lagi mengumumkan perkembangan kasus harian Covid-19 melalui siaran langsung Youtube. Laporan perkembangan kasus harian biasanya disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto setiap sore. Laporan harian itu berisi penambahan kasus positif, kasus sembuh, kasus meninggal, kasus suspek, jumlah tes spesimen harian serta provinsi terdampak Covid-19. (*)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]