Hasil Survei:  Elektabilitas Epyardi Asda, Nofi Candra dan Iriadi Datuk Tumanggung Meningkat


Rabu, 22 Juli 2020 - 11:26:57 WIB
Hasil Survei:  Elektabilitas Epyardi Asda, Nofi Candra dan Iriadi Datuk Tumanggung Meningkat ilustrasi survei

HARIANHALUAN.COM - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk memilih pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok periode 2021-2026 yang akan digelar Desember 2020, lembaga survei "Kajian Dialektika" mengumumkan hasil survei terhadap para bakal calon (Balon) di Bumi Markisa, diantaranya Epyardi Asda, Nofi Candra dan Iriadi Datuk Tumanggung.

Hasil survei Pilbup Kabupaten Solok yang didiskusikan secara virtual bertajuk "Bedah Hasil Survei, Mengukur Konstelasi Politik di Pilkada Kabupaten Solok", beberapa waktu lalu. Saat itu, muncul nama Epyardi Asda dan Iriadi Datuk Tumanggung sebagai calon yang memiliki elektabilitas. Disebutkan, angka elektabilitas keduanya mengalami peningkatan signifikan. Apalagi undecided voter masih cukup tinggi yaitu 23%.

Jika dilakukan perbandingan dengan survei sebelumnya pada bulan Februari 2020 dengan bulan Juni 2020, nama Epyardi Asda cukup menjadi kejutan, elektabilitasnya mampu menggeser Nofi Candra yang pada survei bulan Februari mengungguli semua bakal calon. Sedangkan sosok Iriadi Datuk Tumanggung juga mengalami lonjakan elektabilitas, melejit hingga di angka dua digit. 

Epyardi Asda, Nofi Candra dan Iriadi Datuk Tumanggung merupakan sosok bakal calon Bupati Solok yang elektabilitasnya terus mengalami trend positif dengan kenaikan yang sangat signifikan dibandingkan calon lain. Pengetahuan publik yang cukup kuat terhadap Epyardi Asda dan Nofi Candra, karena keduanya merupakan sosok yang pernah duduk di kursi legislatif DPR RI dan DPD RI. 

Publik mengetahui dalam kontestasi Pemilu sebelumnya. Epyardi Asda pernah menjabat anggota DPR RI, sementara Nofi Candra pernah menjadi anggota DPD RI. Sementara itu, Iriadi Datuk Tumanggung adalah figur asli Kabupaten Solok yang meniti karir sebagai PNS. Secara mengejutkan dapat muncul bersama dua figur kuat. 

Konsep Iriadi juga hampir sama dengan program calon-calon lain yakni mengarah ke pertanian. Perbedaannya, Iriadi mengusung pembangunan pertanian modern dan pengelolaan industri jasa pariwisata. Ini merupakan upaya sosok ini untuk membangun ketertinggalan pembangunan di Kabupaten Solok. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]