Usai Takziah, 29 Orang Positif Corona


Rabu, 22 Juli 2020 - 14:01:08 WIB
Usai Takziah, 29 Orang Positif Corona Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 29 orang positif virus Corona (COVID-19) setelah melayat warga yang meninggal di Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Ternyata, salah satu anggota keluarga dari warga yang meninggal itu dinyatakan positif Corona.

"Terkait penambahan kasus di Wijaya Kusuma terjadi di RW 05, diawali ada warga meninggal, warga meninggal ini tidak ada terindikasi COVID-19. Akhirnya, semua warga di situ datang takziah, melayat. Tiba-tiba hari ketiga acara tersebut ada salah satu warga yang merasakan sesak napas, pingsan, dan dibawa ke layanan IGD 24 jam, khususnya Grogol Petamburan," ucap Lurah Wijaya Kusuma, Novi Indria Sari, saat dihubungi, Rabu (22/7/2020).

"Setelah itu, baru ketahuan kalau salah satu anggota keluarga yang meninggal itu ternyata positif COVID. Kemudian, pada hari Jumat dilakukan tes swab sebagai tracing dari anggota keluarga yang positif COVID tersebut. Tes swab diikuti 94 warga, hasilnya 29 positif," ujarnya.

Novi membenarkan bahwa para warga itu positif Corona karena berkumpul di acara tahlilan tersebut. "Betul (karena acara tahlilan), karena semua tidak mengetahui ada yang terpapar COVID," jawabnya.

Kebanyakan warga yang dinyatakan terpapar Corona akan diisolasi di Wisma Atlet. Hanya satu orang yang dirawat di RS Pelni karena memiliki penyakit bawaan.

"Sore sampai dengan pagi ini, warga positif sudah dibawa ke isolasi di Wisma Atlet, kecuali satu anggota keluarga yang sesak napas, itu ada penyakit menyerta, penyakit jantung, dirujuk ke Rumah Sakit Pelni," ujar Novi.

Menurut Novi, 29 kasus positif itu terjadi di RT 01 dan RT 02 RW 05 Wijaya Kusuma. Dua RT tersebut merupakan wilayah padat penduduk.

"Tidak ada jarak rumah, mepet, kayak di wilayah Tambora," ujarnya.

Acara takziah memang tidak menggunakan panggung. Namun, cukup ramai didatangi warga setempat.

"(Acara) di dalam rumah, sama menata kursi di depan gang," ucap Novi.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:07:23 WIB

    Usai Demo Tolak UU Ciptaker, Mahasiswa Bagi-bagi Masker

    Usai Demo Tolak UU Ciptaker, Mahasiswa Bagi-bagi Masker HARIANHALUAN.COM-Aksi mahasiswa menolak  Undang-undang (UU) Cipta Kerja di Kampar Riau, berakhir dengan acara bagi-bagi masker untuk masyarakat..
  • Ahad, 04 Oktober 2020 - 16:55:48 WIB

    Usai Disengat Tawon Vespa, Kakek Ini Dilarikan ke RS

    Usai Disengat Tawon Vespa, Kakek Ini Dilarikan ke RS HARIANHALUAN.COM - Warga Desa Jambakan, Kecamatan Bayat, Klaten. Sahid Wibowo (69) dilarikan ke rumah sakit usai disengat tawon. Sahid disengat saat akan memangkas pohon kelengkeng di kebunnya..
  • Rabu, 09 September 2020 - 20:01:10 WIB

    Pasien Covid-19 Tewas Usai Lompat dari Tower 6, Diduga Bunuh Diri

    Pasien Covid-19 Tewas Usai Lompat dari Tower 6, Diduga Bunuh Diri HARIANHALUAN.COM - Seorang pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, nekat bunuh diri dengan melonpat dari tower 6. Akibatnya, pasien tersebut tewas..
  • Rabu, 09 September 2020 - 13:18:23 WIB

    Peladang Ditemukan Meninggal Usai Tersangkut Jerat Babi di Padang

    Peladang Ditemukan Meninggal Usai Tersangkut Jerat Babi di Padang HARIANHALUAN.COM - Seorang peladang yang tinggal di daerah Taruko Rodi, Kelurahan Koto Lua, Kecamatan Pauh, Padang, ditemukan meninggal dunia  usai tersengat aliran listrik yang dipasang pada jerat babi, Rabu (9/8/2020) pagi.
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 18:20:44 WIB

    Dua Oknum Polisi di Jembrana Dimutasi Usai Peras Turis Jepang

    Dua Oknum Polisi di Jembrana Dimutasi Usai Peras Turis Jepang HARIANHALUAN.COM – Polres Jembrana, Bali memutasi dua oknum polisi yang bertugas di Polsek Pekutatan setelah sebuah video keduanya melakukan pemerasan terhadap turis asal Jepang viral di media sosial. Mutasi dilakukan untuk.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]