Ternyata, Aksi Kolonel Gadungan Bermula dari Pesan WhatsApp


Rabu, 22 Juli 2020 - 15:33:52 WIB
Ternyata, Aksi Kolonel Gadungan Bermula dari Pesan WhatsApp Kolonel gadungan yang ditangkap jajaran Dirreskrimum Polda Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Usai diamankan oleh Dirreskrimum Polda Sumbar, Kolonel gadungan asal Padang Pariaman ini ternyata tidak butuh waktu lama untuk mengelabui korbannya. Aksi penipuan yang menyebabkan korban rugi hingga Rp252 juta itu bermula dari pesan WhatsApp.

Panit II Subdit IV Ditreskrimum Polda Sumbar, Iptu Nedrawati saat ekspose pada Rabu (22/7/2020) menyebut, korban dan tersangka hanya kenal lewat aplikasi chat, WhatsApp. Cara tersangka meyakinkan korban hanya dengan mengirimkan foto berkaos hijau khas TNI AD.

"Total uang yang dikirim oleh korban sebanyak Rp252 juta dalam empat kali transfer dari rekening korban ke rekening tersangka, dengan rincian Rp20 juta, Rp50 juta, Rp70 juta dan Rp12 juta selama tahun 2016," ujarnya.

Sementara, untuk barang bukti, polisi sudah mengamankan buku tabungan korban dan tersangka, bukti transfer dan screenshot percakapan melalui pesan singkat. "Perbuatan tersangka sudah memenuhi unsur delik yang tercantum dalam pasal 378 KUHPidana dan sudah tahap 1 di pengadilan," tutupnya.

Sebelumnya, seorang petani asal Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman diringkus oleh jajaran Dirreskimum Polda Sumbar pada Senin (13/7/2020) lalu. Betapa tidak, dalam jangka waktu empat tahun, petani ini berhasil menipu ibu rumah tangga (IRT) di Padang hingga mencapai Rp252 juta.

Tersangka dugaan penipuan yang bernama Arik Day Chandra alias Erik ini memakai modus lama untuk menipu korban. Tersangka ini mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Darat berpangkat Kolonel dan dinas di Mabes TNI. 

Tersangka meyakinkan korban dengan membantu mutasi menantu korban dari Kodam VI Mulawarman Kalimantan Selatan ke Kodam I Bukit Barisan Sumatera Utara. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]