Cara Aman Bersepeda Agar Tak Tertular Corona


Rabu, 22 Juli 2020 - 15:57:08 WIB
Cara Aman Bersepeda Agar Tak Tertular Corona Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ada 21 tenaga kesehatan (nakes) RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Blitar, dinyatakan positif COVID-19. Dari hasil tracing internal, diduga penularan berasal dari komunitas gowes mereka.

Dirut RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Endah Woro Utami menjelaskan, pihaknya masif melalukan tes swab setelah satu nakes IGD terkonfirmasi positif Corona.

"Yang tes swab awal, itu ada empat dokter IGD yang juga positif. Namun mereka tidak pernah kontak dengan perawat yang positif. Setelah saya tracing ternyata dari komunitas gowes yang mereka ikuti ada yang positif," kata Woro kepada detikcom, Rabu (22/7/2020).

"Ini yang saya sayangkan. Di dalam lingkup kerja mereka saya tertibkan protokol Corona. Namun di luar mereka justru abai," sesalnya.

Tren bersepeda memang tengah naik daun di tengah pandemi Corona, sebagian besar karena ingin menjalani pola hidup sehat. Namun, agar tidak berisiko tertular virus Corona saat bersepeda, ingat lagi 5 protokol kesehatan saat bersepeda yang dirangkum detikcom sebagai berikut.

1. Pakai masker saat bersepeda
Wajib memakai masker saat bersepeda. Jika pesepeda merasa 'engap' saat bersepeda turunkan intensitasnya. dr Falla Adinda influencer kebugaran berpesan agar terus mematuhi protokol kesehatan karena tujuan berolahraga adalah untuk sehat.

"Kalau memang orang-orang saat bersepeda terasa engap dan di sekeliling belum ada jarak aman 2 meter, kalau engap jangan turunkan maskernya tetapi intensitasnya," sebut dr Falla.

2. Jaga jarak antar pesepeda!
Tetap ingat jaga jarak saat bersepeda. Tidak hanya saat bersepeda dengan rombongan tetapi juga saat berpapasan dengan pesepeda lain.

"Jarak itu bukan hanya dengan rombongan tapi juga jaga jarak kalau berpapasan. Ini yang kurang diperhatikan. Ini yang kita takutkan kalau ada orang lain yang mungkin sedang sakit waktu berpapasan dalam jarak yang pendek justru malah berbahaya," ucap Dosen Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Rustamadji.

3. Selalu siapkan hand sanitizer dan sarung tangan
Hand sanitizer harus selalu dibawa. Hal ini untuk memastikan tangan tetap bersih selama tidak bisa menemukan fasilitas untuk cuci tangan.

"Hand sanitizer dan sarung tangan itu jangan sampai lupa dibawa," pesan Rustamadji.

4. Bawa air minum sendiri
Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah membawa air minum sendiri. Hal ini bisa meminimalisir risiko penularan Corona saat harus mampir ke supermarket untuk membeli minum.

"Jangan mampir warung, karena itu berisiko untuk menularkan. Kan kita tidak tahu di warung itu ketemu siapa-siapa saja. Ada bakteri atau virusnya tidak. Mampir warung ini yang bahaya," ungkap Rustamadji.

5. Pilih jalan yang sepi
Pemilihan rute saat bersepeda juga harus diperhatikan. Rustamadji menyarankan agar pesepeda memilih jalan yang sepi sehingga meminimalisir pertemuan dengan banyak orang.

"Jalan yang sepi ini meminimalisir kemungkinan bertemu dengan banyak orang sehingga mengurangi risiko penularan virus Corona," beber Rustamadji.

6. Tidak nongkrong dan selfie-selfie
Kebiasaan sehabis gobar alis gowes bareng adalah nongkrong-nongkrong dan foto bersama. Di masa pandemi seperti ini, sebaiknya hindari kontak dekat dengan orang lain karena berisiko saling menularkan virus Corona. Wefie alias selfie bareng-bareng mengharuskan anggota komunitas untuk saling merapat, sehingga sulit menjaga jarak aman.

Ingat, gowes itu cari sehat bukan cari penyakit.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:23:59 WIB

    Wah! Dua Pemain Incaran Ronald Koeman Ditolak Barcelona

    Wah! Dua Pemain Incaran Ronald Koeman Ditolak Barcelona HARIANHALUAN.COM - Ronald Koeman harus menerima bahwa tidak semua pemain yang diinginkan akan dibeli Barcelona. Sejauh ini, ada dua pemain impian Koeman yang ditolak Barcelona: Romelu Lukaku dan Georginio Wijnaldum. Ronald Ko.
  • Rabu, 09 September 2020 - 22:46:52 WIB

    Presiden Hadiri Acara Puncak Haornas 2020 secara Virtual dari Istana Bogor

    Presiden Hadiri Acara Puncak Haornas 2020 secara Virtual dari Istana Bogor HARIANHALUAN.COM - Olahraga merupakan instrumen yang efektif bagi pembelajaran terhadap kehidupan. Tak hanya berupa kegiatan yang berorientasi pada faktor fisik belaka, olahraga juga melatih sikap dan mental untuk mengembangk.
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 11:43:26 WIB

    Terpilih Secara Aklamasi, Leonardy Harmainy Pimpin PB Lemkari Periode 2020-2024

    Terpilih Secara Aklamasi, Leonardy Harmainy Pimpin PB Lemkari Periode 2020-2024 HARIANHALUAN.COM -- Kongres Pengurus Besar Lembaga Karate-Do Indonesia (PB LEMKARI) "memilih H Leonardy Harmainy, S,Ip,MH sebagai Ketua Umum PB LEMKARI periode 2020-2024. Mantan Ketua FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indone.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 16:42:55 WIB

    Diserang Shin Tae-yong, Indra Sjafri Angkat Bicara

    Diserang Shin Tae-yong, Indra Sjafri Angkat Bicara HARIANHALUAN.COM – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyindir balik manajer pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong, yang baru-baru ini menyerangnya saat diwawancarai salah satu media Korea Selatan, Naver Sport. In.
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 17:34:50 WIB

    Ricky-Jade Jones, Jadi Incaran MU dan Liverpool

    Ricky-Jade Jones, Jadi Incaran MU dan Liverpool HARIANHALUAN.COM - Manchester United dan Liverpool tengah membidik Ricky-Jade Jones, pemain klub divisi tiga Inggris League One, Peterborough..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]