KPU Disarankan Pakai Tusuk Sate Saat Pilkada Demi Cegah Penyebaran Covid-19


Rabu, 22 Juli 2020 - 16:14:00 WIB
KPU Disarankan Pakai Tusuk Sate Saat Pilkada Demi Cegah Penyebaran Covid-19 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Dirjen Pencegahan, Pengendalian, Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto memberikan sejumlah catatan penting terkait penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020. Catatan tersebut disampaikan saat menghadiri simulasi pemungutan suara yang digelar di Halaman kantor KPU Pusat, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Catatan pertama yang diberikan Yuri soal sarung tangan plastik yang diberikan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kepada pemilih. Nantinya, sarung tangan tersebut dipakai saat pemilih akan menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

Menurut dia, penggunaan sarung tangan jangan dijadikan alternatif satu-satunya untuk mencegah terjadinya penularan covid-19. Mengingat Pilkada 2020 ini dilaksanakan di 270 daerah, jangan sampai masalah ketersediaan sarung tangan menjadi penghambat.

"Salah satu saran saya alat coblosnya yang dibuat sekali pakai. Misalnya pakai bambu semacam tusuk sate, sekali pakai buang," kata Yuri.

Selain itu, Yuri juga menyarankan kepada KPU untuk mempertahankan penggunaan tinta celup dalam tahapan pemungutan suara untuk Pilkada serentak 2020. Dia menilai, pengalihan dari tinta celup menjadi tinta oles justru memiliki risiko penularan Covid-19, karena dengan penggunaan tinta, jusrtu menambah jumlah petugas yang khusus mengoleskan kepada para pemilih usai mencoblos.

"Semakin banyak orang yang dilibatkan, semakin rentan. Oleh karena itu mungkin disiapkan saja kaya yang model lama yang dicelupkan," ujarnya.

Mantan Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 ini menegaskan bahwa virus Covid-19 tidak akan menular melalui perantara tinta. Hal itu diungkapkannya sekaligus menjawab kekhawatiran masyarakat mengenai hal tersebut.

"Dari awal sudah kita sampaikan bahwa tidak akan menular melalui tinta. Virus ini hanya masuk ke orang lewat saluran napas, enggak lewat jari," pungkasnya.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]