Gandeng Tokoh Masyarakat, Suasana di PT KPS Mulai Kondusif Pasca Aksi Premanisme


Rabu, 22 Juli 2020 - 18:20:09 WIB
Gandeng Tokoh Masyarakat, Suasana di PT KPS Mulai Kondusif Pasca Aksi Premanisme Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan S.IK, MH.

HARIANHALUAN.COM - Menyikapi perkembangan suasana Kamtibmas dilingkungan PT. Kemilau Permata Sawit di Nagari Muaro Takuang Kecamatan Kamang Baru, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan S.IK, MH melakukan berbagai upaya dalam rangka memberikan jaminan keamanan yang kondusif bagi masyarakat maupun pihak perusahaan pasca dilaporkannya aksi premanisme di lingkup Perusahaan tersebut beberapa waktu lalu dan melaporkannya ke Polres Sijunjung.

Saat meninjau pengamanan di PT.KPS tersebut, Kapolres mengatakan bahwa personil kepolisian dalam menjalankan tugas-tugasnya tentu membutuhkan peran serta dan dukungan dari semua pihak, tak terkecuali tokoh pemuda, tokoh agama maupun tokoh masyarakat sekitar dalam menjaga Keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Selain memperkenalkan diri sebagai Kapolres Sijunjung, orang nomor satu di jajaran Polres Sijunjung tersebut menuturkan bahwa peninjauan dan kunjungan tersebut merupakan sambang Kamtibmas kepada pihak perusahaan serta para tokoh masyarakat sekitar lingkungan perusahaan dalam membangun sinergitas demi terciptanya Kamtibmas yang kondusif serta bersama sama menjaga investasi yang ada diwilayahnya.

“Alhamdulilah, situasi di lingkup Perusahaan PT.KPS kondusif pasca pelaporan aksi premanisme beberapa oknum warga dan kita juga melakukan dialog, baik dengan pihak perusahaan maupun dengan para tokoh masyarakat sekitar agar bersama sama menjaga investasi didaerah sekaligus sama sama mendukung Kamtibmas yang kondusif demi kebaikan bersama dan tidak dibenarkan untuk melakukan tindakan yang melawan hukum serta aksi premanisme. Kita mohon dukungan dari seluruh pihak agar situasi serta kondisi di Kabupaten Sijunjung selalu dalam keadaan aman, damai dan bergandengan,” ujar AKBP Andry Kurniawan, Rabu (22/7) di ruangan kerjanya.

Pihaknya berharap, dengan dukungan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama upaya pemeliharaan keamanan maupun pencegahan penyebaran Covid-19 dapat berjalan lebih optimal. Menurutnya, do`a dan dukungan dari para ulama dan tokoh agama adalah setengah dari sebuah keberhasilan.

“Bersinergi, berkolaborasi, berkoordinasi, berkomunikasi dan bekerja sama menjaga Kabupatrn Sijunjung yang aman," pungkasnya.

Jelang Idul Adha Warga Waspada Curnak

Dalam kesempatan tersebut, Pria jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2000 tersebut juga menambahkan bahwa Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Kepolisian Resor Sijunjung juga akan mengintensifkan pengamanan hewan ternak. Hal itu dilakukan sebagai upaya meminimalisasi kasus pencurian hewan ternak serta telah melakukan himbauan dan memerintahkan setiap kepolisian sektor di wilayahnya melakukan patroli sekaligus menerjunkan anggota Bhabinkantibmas ikut mengawasi dan mengontrol setiap lokasi peternakan sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaannya.

"Saya minta pada semua anggota polsek berkoordinasi dengan para peternak sapi, kerbau, kambing agar segera melapor petugas kepolisian apabila terjadi kasus pencurian hewan ternak di lingkungan sekitar dan secepatnya ditindaklanjuti," katanya.

Selain itu, kata Kapolres para peternak perlu memberikan tanda khusus pada hewan ternaknya agar mudah dikenali saat ternaknya hilang.

"Demikian pula, bagi penjual dan pembeli, kami imbau untuk mengecek cek asal dan usul hewan ternak. Jangan sampai hewan ternak yang akan dibeli berstatus curian," katanya. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]