Peringati HUT Adhyaksa, Kajari Hardijono Sidayat: Rp491 Juta Kita Setorkan ke Kas Negara


Rabu, 22 Juli 2020 - 18:40:09 WIB
Peringati HUT Adhyaksa, Kajari Hardijono Sidayat: Rp491 Juta Kita Setorkan ke Kas Negara Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Hardijono Sidayat.

HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri Tanah Datar secara sederhana memperingati hari ulang tahun Adhyaksa ke-60, tidak ada perwakilan instansi lain serta pejabat Pemda yang diundang pada agenda tahunan itu. Ini karena situasi yang belum mengizinkan, akibat wabah Covid-19 yang masih mengkhawatirkan.

Dalam keterangan Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar, Hardijono Sidayat kepada awak media di Kejari, Rabu (22/7) bersama jajarannya. Kejari berhasil menyelamatkan dan memasukan dana ke kas negara sebesar Rp491 juta lebih, jumlah itu terdiri dari dana pengganti, rampasan dan denda dalam kasus korupsi yang ditangani Kejari Tanah Datar.

Dirincikan Kajari, uang sebesar itu diperoleh dari uang rampasan kasus operasi gangkap tangan (OTT) mantan Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar MW dan rekanan SY sebesar Rp20 juta serta uang denda masing-masing Rp50 juta, subsider satu bulan kurungan penjara, lalu sebesar Rp121 juta lebih yang digelapkan mantan Wali Nagari Saruaso SR dalam kasus dana getah finus, ditambah denda Rp50 juta subsider satu bulan.

Kemudian kasus mantan Direktur Pursda Tuah Sepakat Tanah Datar EB, ia juga membayar denda sebesar Rp200 juta, karena adanya penyelewengan dana Purusda Tuah Sepakat Tanah Datar beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dalam tindak pidana umum tercatat 79 kasus, kasus terbanyak penyalahgunaan narkotika dan kasus pelecehan seksual selama tahun 2020.

"Dalam menekan kasus narkoba dan pelecehan seksual ini, mari kita bersama-sama termasuk orang tua berkomitmen mengawasi masyarakat dan anak kemenakan kita dalam kasus narkoba dan pelecehan seksual," kata Kajari, juga turut memberikan ekpos para Kasi tentang kinerja Kejari selama 2019-2020.

Kasi Intel Kejari, Tatang Hermawan juga memaparkan berbagai kinerjanya diantaranya pengawaaan berbagai pembangunan daerah termasuk pada instansi lain di Tanah Datar. Kemudian Kasi Pidana Khusus Indra Wijaya juga memaparkan berbagai kasus termasuk kasus yang akan naik pada penuntutan, ia juga menyebutkan salah satu kasus di salahsatu nagari yang bakal segera proses penuntutan. (*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]