Kue Klepon Lagi Hits, Ini Resep Klepon Cake ala Chef Farah Quinn


Rabu, 22 Juli 2020 - 19:15:53 WIB
Kue Klepon Lagi Hits, Ini Resep Klepon Cake ala Chef Farah Quinn Chef Farah Quinn

HARIANHALUAN.COM - Kue klepon lagi viral gegara cuitan seseorang di Twitter, yang menyatakan bahwa kue klepon tidak Islami. Dan cuitan tersebut memicu perdebatan di kalangan warganet.

Padahal, bahan-bahan kue klepon yang digunakan pun jauh dari kata tidak halal, karena biasa dipakai untuk membuat hidangan khas Indonesia lainnya.

Terlepas dari itu, makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan ini sudah sulit ditemukan. 

Selain kue klepon original yang banyak disukai oleh masyarakat, ada pula kreasi klepon yang dibuat sedemikian rupa hingga terlihat menarik. Chef Farah Quinn punya resepnya yang pernah dibadikan di Channel YouTube pribadinya.

Dalam video yang diunggah di channel YouTubenya ini, Chef Farah Quinn membagikan resep, serta langkah-langkah dalam membuat cake kekinian. Ia juga mengatakan bahwa pembuatan cake ini bisa dilakukan dalam dua jenis, yaitu dikukus dan dipanggang.

Tapi dalam videonya kali, Chef Farah Quinn memilih untuk mengukus klepon cake. Seperti apa sih caranya?

Pertama, Chef Farah Quinn menyiapkan bahan-bahan untuk membuat bolu. Berikut bahan serta langkah-langkah yang dilakukan:

1. Pecahkan 6 butir telur di mangkuk yang ukurannya agak, masukkan 200 gr gula pasir dan 2 sdt emulsifier jenis ovalet. Lalu mixer bahan-bahan tersebut sampai benar-benar mengembang dan warna adonan berubah menjadi pucat.

2. Setelah adonan pertama sudah siap, masukkan 300 gr tepung terigu, garam ¼ sdt, 150 cc santan kental, 150 cc minyak sayur, dan 1 sdt pasta pandan untuk memberikan harum pandan pada adonan. Lalu, aduk dengan kecepatan kecil sampai adonan tadi tercampur dengan rata.

3. Sembari membuat adonan bolu, kukusan juga harus segera dipanaskan. Karena ketika adonan bolu masuk, kukusan harus benar-benar dalam keadaan panas.

4. Jangan lupa, untuk loyang yang akan digunakan harus dilapisi kertas dan mentega terlebih dahulu agar bolu yang sudah matang dapat mudah dikeluarkan.

5. Setelah adonan dituang ke dalam loyang, Chef Farah Quinn kemudian memasukkannya ke dalam adonan dan kukus selama kurang lebih 45 menit. Ada juga tips untuk melapisi tutup kukusan dengan serbet agar tidak ada tetesan air yang jatuh ke dalam adonan.

Selanjutnya, wanita kelahiran Bandung ini membuat isian bolu, yaitu enten (terbuat dari kelapa parut dan gula merah). Bagaimana caranya?

1. Sisir 150 gr gula jawa, lalu dimasak menggunakan 150 cc air putih, garam, dan daun pandan sampai mencair, lalu masukan kelapa parut sebanyak 275 gr, Farah menyarankan untuk menggunakan kelapa yang masih muda.

2. Masak enten sampai benar-benar matang, supaya tidak cepat basi. Jika enten sudah matang secara keseluruhan dan tidak ada air tersisa, angkat lalu tiriskan. Dan enten baru bisa digunakan ketika sudah benar-benar dingin. (*)
 

/ Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]