Prabowo Tertarik Beli 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon Bekas dari Austria, Benarkah?


Rabu, 22 Juli 2020 - 22:49:32 WIB
Prabowo Tertarik Beli 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon Bekas dari Austria, Benarkah? Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto dikabarkan tertarik untuk membeli 15 unit jet tempur Eurofighter Typhoon bekas dari Austria.

Rencana Prabowo membeli pesawat tersebut tertuang dalam sebuah tertanggal 10 Juli 2020. Surat itu bernomor 60/M/VII/2020 dan diberi subjek ‘Proposal About Eurofughtee Thypoon Aircraft’ dan ditandatangani langsung oleh Prabowo Subianto.

Surat tersebut ditunjukan langasung kepada Menteri Pertahanan Austria, Klaudia Tanner sebagaimana yang muncul di beberapa platform media.

“Dalam rangka memodernisasi Angkatan Udara Indonesia, saya ingin mengadakan perundingan resmi dengan anda untuk membeli 15 Eurofighter untuk Republik Indonesia,” kata Prabowo sebagaimana dikutip dalam surat tersebut, Rabu (22/7/2020).

Kemudian dalam surat itu, menurut Prabowo pihaknya mendapatkan informasi bahwa Austria memiliki pesawat tempur Typhoon ini yang dibeli sejak tahun 2002.

Okezone.com kemudian mencoba mengkonfirmasi terkait kabar surat tersebut. Namun sayang belum mendapatkan respon dari Juru Bicara Pribadi Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak ataupun Kabiro Humas Kemenhan Djoko Purwanto.

Sekedar informasi pesawat Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur multi peran sayap delta dan sayap kanard bermesin ganda super lincah, yang dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa yang dibentuk pada 1983.

Dalam rancangan dia menyerupai pesawat tempur modern Eropa lainnya, Dassault Rafale Prancis dan Saab Gripen Swedia. Karena kombinasi kelincahan, fasilitas stealth dan sistemnya yang modern dia dipandang luas sebagai pesawat tempur hebat. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]