Begini Nih Cara Murah untuk Kampas Rem Motor Kurang Pakem


Kamis, 23 Juli 2020 - 08:32:56 WIB
Begini Nih Cara Murah untuk Kampas Rem Motor Kurang Pakem Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Seluruh kendaraan pasti dibekali perangkat keamanan bernama rem, tak terkecuali sepeda motor. Sebab rem merupakan komponen yang memiliki fungsi cukup penting.

Sebab untuk memerlambat kecepatan atau menghentikan gerak roda saat sedang berputar. Jika blong atau kurang pakem maka akan berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Untuk rem sendiri ada dua model yang saat ini digunakan pada kendaraan, yakni tromol dan cakram. Biasanya, model yang pertama diaplikasikan pada roda belakang karena kinerjanya tidak sebesar bagian depan.

Rem tromol terdiri dari dua komponen utama, yakni piringan tromol dan kampas. Keduanya saling bergesekan, saat pengendara mengaktifkan tuas atau pedal.

Dikutip dari Astraworld, pengguna motor bekas sering mengeluh kampas rem belakang mereka kurang pakem, sehingga diasumsikan bahwa kampas sudah tipis. Padahal, jarak pergantiannya belum terlalu lama dan motor juga tidak digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Biasanya, sebagian besar orang memilih untuk langsung mengganti kampas rem mereka dengan yang baru lagi. Tentunya, hal tersebut merupakan sebuah pemborosan yang akan membuat pengeluaran bulanan kamu membengkak.

Kurang menggigitnya kampas ke tromol, bisa disebabkan oleh mulai ausnya piringan tromol. Seiring pemakaian, gesekan akan membuat bentuk cekungan pada benda tersebut.

Kalau belum mampu membeli tromol baru, kamu bisa menggunakan kampas rem merek lain yang harganya lebih murah dari orisinal. Harga kampas rem asli bisa mencapai Rp40-50 ribu, sementara merek lain hanya setengahnya.

Begitu pula dengan tromol, bisa diganti dengan merek lain yang harganya Rp130 ribuan saja agar lebih hemat. Banderol tromol asli adalah sekitar Rp180 ribu. (*)

loading...
 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 19:11:11 WIB

    Begini Caranya Blokir Kendaraan Lewat Online

    Begini Caranya Blokir Kendaraan Lewat Online HARIANHALUAN.COM - Banyak alasan mengapa seseorang menjual kendaraan yang mereka miliki. Mulai dari ingin menggantinya dengan model yang lebih baru, hingga membutuhkan uang dalam waktu cepat..
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 08:21:17 WIB

    Masih Tidak Tahu? Begini Loh Cara Benar Berkendara di Bundaran

    Masih Tidak Tahu? Begini Loh Cara Benar Berkendara di Bundaran HARIANHALUAN.COM – Saat melintasi bundaran jalan atau simpang memutar kerap ditemuai pengendara yang asal-asalan tanpa memikirkan keselamatannya. Perlu diketahui, ketika melintas di bundaran juga ada ketika lho, tidak bis.
  • Senin, 13 Juli 2020 - 16:34:19 WIB

    Jangan Abai saat Naik Motor Matik, Begini Posisi Duduk yang Benar

    Jangan Abai saat Naik Motor Matik, Begini Posisi Duduk yang Benar HARIANHALUAN.COM – Meski skuter matik merupakan jenis kendaraan yang terlihat mudah dikendarai, namun tak sedikit pengendara yang belum memahami cara mengendarainya dengan benar, salah satunya mengenai posisi duduk..
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 13:28:03 WIB

    Begini Cara Hemat BBM Mobil yang Jarang Diketahui Orang

    Begini Cara Hemat BBM Mobil yang Jarang Diketahui Orang HARIANHALUAN.COM - Salah satu faktor yang jadi pertimbangan seseorang saat hendak membeli kendaraan, yakni konsumsi bahan bakarnya. Hal ini biasanya dilakukan, oleh mereka yang butuh mobil untuk kegiatan sehari-hari dan tidak.
  • Kamis, 02 April 2020 - 11:17:21 WIB

    Begini Cara Ngerem Motor yang Aman saat Kecepatan Tinggi

    Begini Cara Ngerem Motor yang Aman saat Kecepatan Tinggi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sepeda motor zaman sekarang, dibekali mesin dengan kapasitas yang cukup besar. Dengan spesifikasi tersebut, motor bisa melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]