Meski Zona Merah, Dharmasraya Tetap Ijinkan Salat Ied Berjamaah di Lapangan


Kamis, 23 Juli 2020 - 14:54:26 WIB
Meski Zona Merah, Dharmasraya Tetap Ijinkan Salat Ied Berjamaah di Lapangan Rapat PHBI di Dharmasraya.

HARIANHALUAN.COM - Meskipun kembali berstatus zona merah penanganan Covid-19, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dharmasraya mengkonfirmasi daerah itu memutuskan tetap memberi izin bagi pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 Hijriyah secara berjamaah di lapangan terbuka, masjid serta musala.

"Tapi, panitia harus menerapkan syarat yang ketat terkait antisipasi penyebaran virus Covid-19 mengingat daerah ini kembali berstatus zona merah pasca dikonfirmasi positifnya sebanyak 13 warga terpapar virus tersebut," tegas Kepala Kemenag setempat, Abdel Haq di Dharmasraya, Kamis (23/7/2020). 

Keputusan tersebut, jelasnya, sebagaimana dijelaskan dalam Surat Edaran Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dengan nomor 451.1/576/SE-BUP/2020 tanggal 23 Juli 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 Hijriyah/2020 M,  yang diterbitkan dalam konteks mewujudkan masyarakat yang produktif dan bebas Covid-19 di daerah itu. 

Salah satunya, lanjut dia, panitia wajib memastikan terhadap jamaah yang hadir tetap mematuhi standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan sebagaimana diatur dalam penerapan tatanan kenormalan baru atau new normal. Dalam aturan tersebut, jelasnya, setiap orang harus memakai masker selama berada di lokasi pelaksanaan salat, membawa sajadah sendiri dari rumah. 

Menyediakan fasilitas mencuci tangan oleh panitia pelaksana dan menghindari kontak fisik atau tidak berjabat tangan langsung dengan orang lain serta jarak antar jama'ah saat sholat sekitar satu meter. "Bagi anak-anak berumur dibawah 10 tahun, jompo dan masyarakat yang merasa memiliki gejala demam, batuk dan sesak nafas diminta untuk tetap berada di rumah serta menjalankan salat di rumah sendiri," imbaunya. 

Kemudian, tambahnya, jika melaksanakan pemotongan hewan kurban, seluruh panitia dan petugas pemotongan hewan serta petugas pembagian daging kurban juga diwajibkan menerapkan standar protokol kesehatan tersebut. Seluruh tahapan kegiatan akan diawasi oleh jajaran gugus tugas penanganan Covid-19 setempat bersama pihak terkait lainnya, termasuk menerapkan seluruh sanksi yang berlaku jika melanggar hingga berupa denda dan pembubaran kegiatan yang sedang berlangsung. 

"Mari kita patuhi seluruh imbauan dan anjuran pemerintah demi tercapainya pelaksanaan rangkaian  ibadah Idul Adha yang bebas risiko terpapar Covid-19," imbaunya. 

Pantauan harianhaluan.com, pada pelaksanaan Salat Idul Adha di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya akan dihadiri oleh Wakil Bupati H. Amrizal DT Rajo Medan. Sementara Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dijadwalkan akan melaksanakan Salat Idul Adha di Kecamatan Koto Besar. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]