Bacalongub Sumbar Perseorangan Fakhrizal-Genius Umar Protes Hasil Verifikasi oleh KPU


Kamis, 23 Juli 2020 - 19:01:42 WIB
Bacalongub Sumbar Perseorangan Fakhrizal-Genius Umar Protes Hasil Verifikasi oleh KPU Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menggelar rapat pleno hasil rekapitulasi verifikasi faktual calon perseorangan di tingkat provinsi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat.

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menggelar rapat pleno hasil rekapitulasi verifikasi faktual calon perseorangan di tingkat provinsi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat di Hotel Pangeran Beach, Kamis (23/7/2020). 

Pasangan bakal calon dari jalur perseorangan Fakhrizal dan Genius Umar pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 9 Desember 2020 mendatang melakukan protes terhadap hasil verifikasi faktual dukungan oleh KPU Sumbar tersebut.

Dalam rapat pleno, disampaikan bahwa angka dukungan hasil rekapitulasi KPU Sumbar untuk Balon Fakhrizal dan Genius Umar hanya sebanyak 130.256 suara, sedangkan angka yang ditetapkan KPU berjumlah 316.051 dan angka tersebut sangat jauh dari target minimal yang ditetapkan KPU Sumbar. 

"Kami keberatan dengan hasil verifikasi dukungan oleh KPU Sumbar. Di mana angka dukungan seharusnya lebih besar dari jumlah yang berhasil direkap KPU, apalagi angka tersebut sangat jauh dari jumlah dukungan yang diajukan yaitu sekitar 336 ribu lebih pendukung," ujar Genius Umar, yang kini menjabat sebagai Walikota Pariaman.

Genius sangat menyayangkan kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang mendatangi rumah pendukung hanya satu kali saja. Sehingga lebih dari 100 ribu orang yang tidak ditemui dalam melakukan verifikasi tersebut.

Selain itu, Genius juga memprotes terkait adanya formulir B 51 KWK yang mensyaratkan formulir harus di tanda tangani pendukung. Padahal aturan tersebut tidak ada dalam peraturan KPU RI. 

"Di KPU kabupaten kota tidak mensyaratkan hal itu, tetapi di provinsi malah disyaratkan. Jadi, seolah ada pesanan khusus untuk mengacaukan situasi, akibatnya banyak kekurangan suara kita, ini harus diperbaiki," tegasnya.

Ditambahkannya, ia tidak menerima dan akan mengajukan laporan ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) terkait hasil verifikasi oleh KPU tersebut. Karena hal ini sangat merugikan pihaknya sebagai Bacalon yang maju jalur perseorangan.

"Kami akan protes dan menyampaikan ke Bawaslu DKPP, atau upaya hukum lainnya dan kami pun sudah menolak mayoritas rekapitulasi yang telah selesai di kabupaten kota," tegasnya. 

Menanggapi hal itu, Anggota KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, terkait hasil verifikasi yang diumumkan tersebut telah melalui prosedur dan ada catatannya saat anggota PPS melakukan verifikasi.

"Kita memiliki catatan dan kita akan membahasnya satu persatu," katanya singkat.

Berhubung waktu sholat ashar telah masuk, rapat kemudian kembali dilanjutkan setelah sholat Magrib. Sementara itu, rapat pleno dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dan hingga berita ini diterbitkan, rapat tersebut masih berlanjut.(*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]