Pemkab Pessel Maksimalkan Pembinaan Kampung Tangguh Nusantara


Kamis, 23 Juli 2020 - 19:38:14 WIB
Pemkab Pessel Maksimalkan Pembinaan Kampung Tangguh Nusantara Pemkab Pesisir Selatan saat ini terus memaksimalkan pembinaan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dengan menerjunkan delapan orang perangkat daerah (PD) ke lapangan.

HARIANHALUAN.COM - Pemkab Pesisir Selatan saat ini terus memaksimalkan pembinaan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Nagari Batu Hampa Selatan,di Tarusan Pessel. Delapan orang perangkat daerah (PD) diterjunkan ke lapangan.

"Ke 8 orang perangkat daerah tersebut yaitu Kepala  Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, Kominfo, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Perikanan, Dinas Pangan,Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanhortbun)," kata Sekda Pesisir Selatan, Erizon MT, Kamis (23/7). 

Dikatakannya, pembinaan terhadap kampung tangguh tersebut bertujuan untuk mendorong geliat ekonomi masyarakat. Diharapkan dengan adanya KTN tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mentaati protokol kesehatan.

"Setiap perangkat daerah akan melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, sesuai dengan peran dan fungsinya. Sedangkan untuk ketangguhan ekonomi masyarakat setempat, dilakukan pula penyuluhan budidaya ikan dalam ember, dengan cara memanfaatan pekarangan rumah," kata Erizon. 

Kemudian dari Distanhorbun, dan Dinas Koperasi UMKM akan melakukan  pembinaan dan penyuluhan pengembangan tanaman ubi-ubian, selama ini salah satu mata rantai kehidupan masyarakat setempat, tanaman ubi juga dapat dikonsumsi untuk kebutuhan pokok dan gizi keluarga selain beras. 

Dinas Kominfo juga melakukan pembinaan tentang informasi dan teknologi dengan memperkenalkan aplikasi pemasaran secara on line, hal ini akan dapat menambah wawasan pengetahuan masyarakat.

Sementara itu, Dinas Satpol PP dan Damkar, BPBD dan Polsek XI Koto XI Tarusan, mengarahkan masyarakat untuk ketertiban dan keamanan. Para perangkat daerah tersebut akan turun ke lapangan selama 4 hari mulai Jumat 17 Juli 2020. (*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]