Ketua JaDI: Covid-19 Sumbar Sudah Terkendali, Pilkada 2020 Bisa Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan


Kamis, 23 Juli 2020 - 22:14:07 WIB
Ketua JaDI: Covid-19 Sumbar Sudah Terkendali, Pilkada 2020 Bisa Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Diskusi terkait kesiapan Pilkada serentak 2020, dengan narasumber Ketua JaDI, Mufti Syarfie dan dr. Andani Eka Putra.

HARIANHALUAN.COM - Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI), Mufti Syarfie mengatakan Sumatera Barat sudah aman untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, sesuai yang telah dijadwalkan pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Penyebaran Covid-19 hingga saat ini sudah terkendali. Sesuai dengan indikator positive rate dan incidence rate, kasus Covid di Sumbar jauh di bawah standar yang ditetapkan World Health Organization (WHO), dimana Positif rate saat ini 1,4 persen, sementara patokan WHO 5 persen,” katanya, dalam diskusi yang digelar di Daima Hotel, Kamis (23/7/2020).

Selain itu, kata dia, warga yang terpapar Covid-19 menunjukkan grafik yang menurun. Sementara tingkat kesembuhan meningkat tajam, dan angka kematian pun jauh menurun dan tidak ada penambahan.

"Dengan keadaan tersebut, pelaksanaan Pilkada yang sudah dijadwalkan bisa dilaksanakan, karena berdasarkan fakta di lapangan penyebaran Covid-19 sudah menurun untuk Sumbar. Walau demikian, berharap tetap menjalankan protokol kesehatan," terangnya.

Dengan demikian, sambung Mufti, jika tetap dilaksanakannya Pilkada, memang diminta kerja keras dari KPU sebagai penyelenggara yang menargetkan partisipasi pemilih dalam pilkada serentak 2020 sebesar 77,5 persen. Sementara pelaksanaan Pilkada saat ini ditengah pandemi.

"Berdasarkan faktanya, sejak pilkada 2005, 2010 dan 2015 lalu, partisipasi pemilih selalu menunjukkan tren menurun. Apalagi saat ini dimana pilkada berlangsung di saat pandemi belum berakhir," katanya lagi.

Pendapat itu pun diperkuat dr. Andani Eka Putra mengatakan, Pilkada bisa berlangsung dengan syarat tetap mengedepankan protokol kesehatan di dalam setiap proses pelaksanaan pilkada, baik terhadap masyarakat pemilih maupun penyelenggara.

"Selama vaksin yang benar-benar ampuh membunuh Covid-19 belum ditemukan, maka selama itu pula wabah ini tidak bisa habis. Jadi, bagi yang beraktifitas dilapangan bisa tetap menerapkan Protokol, sebagai antisipasi," tukasnya.(*)
 

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]