Novrial: Sektor Wisata Bisa Jadi Penggerak Ekonomi Baru di Sumbar


Jumat, 24 Juli 2020 - 06:07:24 WIB
Novrial: Sektor Wisata Bisa Jadi Penggerak Ekonomi Baru di Sumbar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial. Ist

HARIANHALUAN.COM - Pemprov Sumbar mengharapkan sektor pariwisata menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di provinsi itu. Mengingat dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan eskpor kurang menggembirakan.

"Melihat angka pertumbuhan ekonomi yang selama ini mengandalkan ekspor, sektor pertanian dan lainnya, Sumbar butuh penggerak baru yakni sektor pariwisata," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial saat MoU Politeknik Negeri Padang dengan Dinas Pariwisata dan Asosisasi Pariwisata Sumatera Barat, yang berlangsung di Kampus PNP, baru-baru ini.

Namun dampak pandemi covid-19, menurut Novrial, telah mengacaukan target sektor pariwisata dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata, lama inap, dan jumlah unit usaha pendukung sektor pariwisata. Sementara angka pengangguran, angka kemiskinan, dan inflasi meningkat.

"Sementara anggaran pemerintah dan Pemda menurun secara drastis, namun pelayanan kepada masyarakat harus tetap dilakukan secara prima," ulas Novrial.

Lebih lanjut, Novrial meyakinkan bahwa bisa dipastikan, RPJM tidak tercapai karena Covid-19. Pemerintah daerah perlu meninjau kembali seluruh program dan kegiatan tahun 2020 dan usulan program tahun 2021 agar disesuaikan dengan target RPJMD, padahal RPJMD 2016-2021 tinggal satu tahun lagi.

"Salah satu hal penting dalam pengembangan pariwisata adalah mempersiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Di samping itu, perilaku masyarakat dalam berwisata juga perlu ditingkatkan," imhuh Novrial.

Novrial pun membeberkan dirinya pernah mendapat teguran langsung dari Gubernur Sumbar gara-gara objek wisata Pemandian Mega Mendung Anai tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Kita tidak bisa mengabaikan berbagai masukan dari wisatawan tentang bagaimana reaksi masyarakat di Sumbar dalam menerima kunjungan wisata di era pandemik Covid-19," tekannya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]