Asosiasi Pariwisata Siap Terima Mahasiswa Magang PNP


Jumat, 24 Juli 2020 - 06:15:39 WIB
Asosiasi Pariwisata Siap Terima Mahasiswa Magang PNP Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Dicanangkannya "kampus merdeka dan merdeka belajar" menutut keharusan perguruan tinggi terlibat "Pernikahan"dengan industri, begitu juga sebaliknya. Salah satu upayanya agar pihak industri ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan penyusunan kurikulum, sehingga lulusan yang dihasilkan perguruan tinggi sesuai dengan kriteria dan kebutuhan dunia industri.

Hal itu disampaikan Direktur Politeknik Negeri Padang ( PNP) dalam penandatanganan kontrak kerjasama (MoU) Politeknik Negeri Padang dengan Dinas Pariwisata dan Asosisasi Pariwisata Sumatera Barat, yang berlangsung di Kampus PNP, baru-baru ini.

Surfa Yondri berniat mensosialisasikan ke masyarakat bahwa PNP memiliki Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. Mungkin belum semua masyarakat juga yang tahu bahwa PNP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di provinsi yang mengandalkan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar, Joni Mardianto mengatakan, sejak pendiriannya pada 2018, banyak yang menolak kehadiran GIPI di Sumatera Barat. Walaupun GIPI adalah amanat Undang-undang 10 Pasal 50 Tahun 2009, tak ada anggaran untuk GIPI.

“Tak mungkin menjalankan organisasi tanpa dukungan dana, namun saya yakin dan optimis karena anggota GIPI terdiri dari orang-orang hebat yang punya komitmen memajukan pariwisata. Mereka adalah Ketua ASITA Sumbar, Ketua PHRI Sumba, Ketua Astindo Sumbar, Ketua Asspi Sumbar, Ketua Asati Sumbar, Ketua PPHI Sumbar, Ketua IGHMA Sumbar, Ketua HPI Sumbar, dan Ketua Asperapi Sumbar," terang Joni.

GIPI bisa mengkoordinasikan industri pariwisata di daerah untuk sama-sama berperan dalam proses pengembangan ekosistem pariwisata, menjadi mitra kerja pemerintah pusat dan daerah serta menjadi wadah komunikasi dan konsultasi anggota dalam upaya berhubungan dengan kementerian lintas sektor. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Juni 2020 - 21:34:23 WIB

    PNP Gandeng 8 Lembaga Asosiasi Badan Usaha dan Profesi

    PNP Gandeng 8 Lembaga Asosiasi Badan Usaha dan Profesi HARIANHALUAN.COM - Guna meningkatkan kompetensi lulusan dalam mengarungi dunia kerja, Politeknik Negeri Padang (PNP) gandeng delapan lembaga asosiasi badan usaha dan asosiasi profesi. Kerjasama dituangkan dalam bentuk Memoran.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]