Seperti Apa Kondisi Raja Salman Setelah Operasi Laparoskopi?


Jumat, 24 Juli 2020 - 07:00:22 WIB
Seperti Apa Kondisi Raja Salman Setelah Operasi Laparoskopi? Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Kabar kurang menyenangkan datang dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Ini sekaitan dengan kesehatan Raja Salman, yang tengah sakit. Orang nomor satu di Arab Saudi itu bahkan telah menjalani operasi pengangkatan kandung empedu.

Berdasarkan keterangan kerajaan yang dirilis SPA melalui Kontan.co.id, Jumat (24/7/2020), raja menjalani operasi laparoskopi untuk mengangkat kandung empedu di Rumah Sakit King Faisal, Riyadh. Raja Salman berhasil menjalani operasi untuk mengangkat kandung empedu, tiga hari setelah dia dilarikan ke rumah sakit.

Kabar itu merupakan kejutan. Sebab, Arab Saudi jarang memberikan laporan kesehatan sang raja yang memerintah sejak 2015 silam. Raja Salman menjadi penguasa Teluk kedua setelah Emir Qatar, heikh Sabah al-Ahmad Al-Sabah, yang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Kabar dirawatnya raja berusia 85 tahun itu terjadi di tengah mewabahnya virus corona, serta menurunnya harga minyak dunia. "Sang raja masih akan berada di rumah sakit untuk beberapa waktu setelah operasinya berjalan dengan sukses," jelas kerajaan.

Sebelumnya, mantan Gubernur Riyadh selama 48 tahun tersebut dilarikan ke rumah sakit Senin (20/7/2020) karena peradangan kandung empedu. Kabar dirawatnya sang raja berdampak pada penangguhan Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhemi, yang sedianya digelar Senin.

Sehari berselang, kerajaaan kayak minyak tersebut mengunggah video di mana Raja Salman memimpin rapat virtual kabinet dari rumah sakit. Pada 2017, Arab Saudi membantah rumor bahwa raja berniat turun takhta untuk memberi jalan bagi putranya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Sejak berkuasa, sang raja melancarkan reformasi ekonomi untuk mengurangi ketergantungan pada minyak, dan memberi hak lebih besar pada perempuan. Dia juga disorot karena mengadopsi kebijakan luar negeri yang lebih tegas, dan memimpin koalisi menggempur pemberontak Houthi di Yaman. Raja Salman berkuasa pada 2015 setelah saudara tirinya, Raja Abdullah, wafat dalam usia 90 tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raja Salman Sukses Operasi Pengangkatan Kandung Empedu", (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]