Mengapa Lampu Mundur Mobil Berwarna Putih, Ada yang Tahu?


Jumat, 24 Juli 2020 - 08:30:45 WIB
Mengapa Lampu Mundur Mobil Berwarna Putih, Ada yang Tahu? ilustrasi parkir mobil pararel(https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/)

HARIANHALUAN.COM - Pasti masih banyak yang tidak tahu, mengapa lampu mundur di mobil harus menggunakan warna putih?. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, semua lampu di kendaraan mempunyai maksud dan arti tertentu.

Harapannya agar pengguna jalan memiliki pemahaman yang sama dalam menterjemahkannya.

"Lampu mundur berwarna putih dikarenakan untuk membantu pengemudi saat bergerak mundur. Pengemudi membutuhkan bantuan penerangan kala gelap atau malam hari," kata Sony dikutip dari Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Selain itu warna putih pada lampu mundur juga jangan menyilaukan. Sony mengatakan, yang seharusnya menyilaukan itu lampu sein. Supaya pengemudi di belakangnya tahu agar menjaga jarak dan berhati-hati.

“Kalau lampu mundur cahayanya menyebar, karena prinsipnya untuk membantu penerangan kala mundur,” ucap Sony.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan juga menyarankan agar tidak mengganti mika dengan model yang lebih gelap, selain mengurangi penerangan, bisa berbahaya untuk orang lain.

“Berbahaya dan juga tidak boleh, karena warna putih itu sebagai informasi juga untuk kendaraan mundur,” kata Marcel. (*)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Mei 2020 - 20:45:35 WIB

    Mengapa Pemotor Perlu Turun saat Isi Bensin? Ini Alasannya

    Mengapa Pemotor Perlu Turun saat Isi Bensin? Ini Alasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dalam mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan sebenarnya ada prosedurnya. Di beberapa SPBU bahkan mengharuskan pengendara turun dari sepeda motor saat mengisi bensin..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]