Tips Menghilangkan Goresan di Smartphone, Langsung Kinclong Seperti Baru


Jumat, 24 Juli 2020 - 10:44:40 WIB
Tips Menghilangkan Goresan di Smartphone, Langsung Kinclong Seperti Baru Foto: The Verge

HARIANHALUAN.COM - Sebagai barang yang paling sering kita gunakan sehari-hari, ponsel tentunya sangat akrab dengan yang namanya tergesek, tergores, tertindih, hingga terjatuh.

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Jumat (24/7/2020), sedikit banyak hal tersebut pastinya akan menimbulkan baret atau goresan di bodi atau layar ponsel. Baret atau goresan semacam itu, selain mengurangi estetika tampilannya juga akan mengurangi harga ponsel tersebut ketika kalian berniat menjualnya.

Sebenarnya risiko tersebut dapat diminimalisir dengan memasangkan anti gores pada layar serta cover berbahan karet atau silikon untuk bodi ponsel. Namun, bila ternyata pada ponsel kalian sudah terlanjur ditemukan baret atau goresan, ada cara ampuh loh untuk menghilangkannya. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Cara Menghilangkan Goresan di HP

1. Pasta gigi

Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi ternyata juga bisa membantu menghilangkan goresan pada ponselmu. Untuk melakukannya, pastikan kamu memilih pasta gigi yang biasa bukan yang gel. Karena jika kamu menggunakan pasta gigi gel, hasil yang didapatkan bisa berbeda.

Cara menggunakannya cukup mudah. Oleskan sedikit pasta gigi pada selembar tisu dan gosokkan ke area ponsel yang tergores. Lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu lap dengan tisu basah dan bersihkan sisa pasta gigi dari ponsel.

2. Putih telur dan tawas

Putih telur yang mengandung protein dan dikombinasikan dengan tawas menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghilangkan goresan pada ponsel.

Caranya, campurkan satu putih telur dengan satu sendok teh tawas ke dalam panci yang sudah dipanaskan. Rendam kain mikrofiber dalam campuran tersebut. Letakkan selembar kain pada aluminium foil. Setelah itu, letakkan di dalam oven dengan suhu 150 derajat dan panaskan sampai kainnya kering. 

Setelah benar-benar kering, keluarkan kain dan bilas menggunakan air dingin. Lakukan langkah tersebut tiga kali. Keringkan kain selama 48 jam. Dengan begitu, campuran tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan goresan pada ponsel.

3. Bedak bayi

Bedak bayi juga dapat menjadi alternatif yang ampuh untuk menghilangkan goresan pada ponsel. Caranya cukup campurkan sedikit bedak bayi dengan air dalam mangkuk, kemudian aduk campuran tersebut sampai terbentuk pasta.

Selanjutnya oleskan pasta tersebut menggunakan kain lembut ke daerah yang terkena goresan. Kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar. Setelah hilang, bersihkan layar dengan kain bersih yang sedikit dibasahi.

4. Minyak

Minyak alami, seperti minyak sayur atau minyak zaitun juga dapat menjadi solusi untuk menghilangkan goresan pada ponsel. Cara menggunakannya, cukup tambahkan satu tetes kecil minyak alami ke atas goresan, lalu gosokkan secara perlahan.

Berhati-hatilah agar tidak menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak karena bisa membuat layar ponsel menjadi berminyak dan licin. Bahkan, hal itu bisa meresap ke dalam ponsel dan menyebabkan kerusakan.

5. Penghilang goresan mobil

Produk penghilang goresan mobil ternyata juga ampuh untuk digunakan menghilangkan goresan pada ponsel. Cara menggunakannya juga sama seperti menghilangkan goresan pada bodi mobil.

Sebelum mengoleskannya, pastikan untuk menutup port dan tombol ponsel kamu dengan selotip supaya tidak ada cairan yang masuk. Oleskan sedikit penghilang goresan mobil pada kain mikrofiber dan gosokkan ke bagian ponsel yang tergores dengan gerakan memutar selama sekitar lima menit. Selanjutnya bersihkan noda dengan kain kering.

6. Magic eraser

Magic eraser atau penghapus ajaib adalah alat multifungsi yang bisa digunakan untuk menghilangkan goresan pada berbagai perangkat, termasuk ponsel kalian. 

Penghapus ajaib ini terbuat dari busa melamin, jadi benda ini bisa sangat halus seperti amplas. Cukup tambahkan air ke magic eraser dan gosokkan dengan lembut di area yang terkena goresan selama beberapa waktu hingga bodi ponsel kembali mulus.

7. Amplas

Bila bagian bodi ponselmu ada yang tergores cukup parah, kamu bisa menggunakan amplas untuk menghilangkan goresannya.

Karena alat ini bertekstur kasar, pastikan kamu membeli jenis amplas yang paling bagus dan tidak terlalu abrasif. Selain itu, disarankan agar kamu mengusapkan amplas dengan hati-hati, menekannya dengan lembut di ponsel sampai area yang tergores menjadi mulus kembali. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:18:42 WIB

    Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini

    Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini HARIANHALUAN.COM - Ganti smartphone tak mesti beli yang kondisinya baru. Ponsel second-hand alias bekas bisa menjadi alternatif jika ingin memiliki ponsel keluaran lain, tetapi memiliki dana terbatas. .
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 14:09:58 WIB

    5 Tips Cara Rawat dan Maksimalkan Performa Baterai iPhone

    5 Tips Cara Rawat dan Maksimalkan Performa Baterai iPhone HARIANHALUAN.COM - Untuk menjaga baterai iPhone agar berumur panjang, kamu perlu merawatnya dengan cara yang benar. Kenapa baterai iPhone perlu dirawat khusus? .
  • Senin, 14 September 2020 - 09:55:17 WIB

    Mau Tahu Gimana Cara Mengubah Tampilan Android Jadi iPhone? Coba Tips Ini

    Mau Tahu Gimana Cara Mengubah Tampilan Android Jadi iPhone? Coba Tips Ini HARIANHALUAN.COM - Smartphone besutan Apple, yakni iPhone, saat ini bisa dibilang sebagai smartphone yang paling populer di dunia. Setiap Apple merilis produk iPhone terbarunya, banyak orang yang rela mengantri berhari-hari.
  • Jumat, 11 September 2020 - 15:09:29 WIB

    15 Tips Memulihkan Laptop yang Lupa Password

    15 Tips Memulihkan Laptop yang Lupa Password HARIANHALUAN.COM - Password atau kata sandi merupakan serangkaian kode yang penting untuk melindungi perangkat atau aplikasi dan data di dalamnya. Namun, banyaknya perangkat atau aplikasi yang dimiliki tak jarang membuatmu .
  • Ahad, 06 September 2020 - 07:01:33 WIB

    Biar Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Smartphone di E-Commerce

    Biar Tidak Tertipu, Begini Tips Beli Smartphone di E-Commerce HARIANHALUAN.COM - Perkembangan teknologi yang semakin maju diiringi dengan perkembangan platform digital yang semakin beragam membuat pola konsumen juga perlahan berubah..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]