Masih Efektifkah Uji Klinis Vaksin di Indonesia Sementara Virus Corona Sudah Bermutasi? Ini Kata Pakar


Jumat, 24 Juli 2020 - 11:07:24 WIB
Masih Efektifkah Uji Klinis Vaksin di Indonesia Sementara Virus Corona Sudah Bermutasi? Ini Kata Pakar Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia bersama Brasil dan India menjadi tempat uji klinis fase 3 calon vaksin Corona. Eh, tapi virusnya kan sudah bermutasi, masih efektifkah dalam kondisi demikian? 

Menurut pakar bioteknologi dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Dr.rer.nat Wien Kusharyoto, seperti dilansir detik.com, selama akarnya adalah virus dari Wuhan, maka mutasi ini tetap akan kalah oleh vaksin. Menurut Wien, sejauh ini sudah ada 16 mutasi SARS-CoV-2.

"Saya tidak terlalu khawatir dengan strain yang berbeda. Karena mutasi ini sporadis dan tidak berpengaruh terhadap efektivitas vaksin," kata Wien kepada detikINET.

Wien optimistis uji klinis fase 3 akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan vaksin Corona. Dia pribadi berpendapat, berdasarkan pengalaman uji vaksin pada penyakit lain, yang nanti harus diperhatikan para ilmuwan adalah efek samping yang ditimbulkan oleh calon vaksin.

"Vaccine induced disease enhancement, itu yang harus dievaluasi dari metode virus yang dilemahkan," kata dia.

Wien mencontohkan efek samping itu misalnya membuat orang dengan masalah penyakit tertentu ketika diberi vaksin malah jadi lebih parah. Namun bisa dimaklumi bahwa yang namanya uji klinis fase 3 tujuan utamanya adalah menyempurnakan calon vaksin Corona agar nantinya bisa diproduksi secara massal.

"Tahap 3 yang penting untuk mengetahui apakah ada efek samping yang muncul. Makanya lebih banyak sampel dan di kelompok umur berbeda, lokasi dan sosio ekonomi jadi pertimbangan," pungkasnya.

Vaksin Corona Sinovac rencananya akan uji klinis fase 3 di Indonesia dengan menggandeng Bio Farma. Indonesia dipilih karena laju infeksi masih tinggi, sehingga bisa untuk mengukur efektivitas dan manfaat calon vaksin yang diujikan. Selain itu, Indonesia juga punya kapasitas untuk nantinya memproduksi sendiri melalui Bio Farma. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]