Dampak Covid 19 Juga Sapa Anak Kost, Perencana Keuangan: Siasati dengan Berhemat dan Buka Usaha


Jumat, 24 Juli 2020 - 11:24:38 WIB
Dampak Covid 19 Juga Sapa Anak Kost, Perencana Keuangan: Siasati dengan Berhemat dan Buka Usaha Tips mengelola keuangan untuk anak kost

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dampak covid-19 tidak hanya menyapa dunia usaha, tapi keuangan mahasiswa yang memilih kost juga ikut merasakannya.

Perencana Keuangan Andi Nugroho memberikan beberapa cara untuk mengelola keuangan bagi para mahasiswa yang jauh tinggal dari orang tua. Untuk bisa bertahan hidup hendak pengeluaran yang sifatnya konsumtif atau "berfoya-foya" harus dihentikan. Kebiasaan berpergian ke luar ada baiknya dikurangi, bahkan dihentikan terlebih dahulu. 

"Walaupun kemarin masih sudah bosen di rumah terus. Saran saya sih tetap di rumah dulu," ujarnya seperti dilansir Okezone, Jumat (24/7/2020).

Menjelang akhir bulan biasa isi dompet semakin menipis. Apalagi bagi mahasiswa dan juga anak kos, saat-saat ini menjadi waktu kritis karena harus menunggu beberapa hari mendapatkan kiriman dari orang tua.

Terkadang untuk menghemat, ada beberapa orang yang harus makan hanya mie instan, telur dan sebagainya. Bahkan ada juga yang hanya makan sehari sekali demi bisa menghemat uang yang ada.

"Walaupun kemarin masih sudah bosen di rumah terus. Saran saya sih tetap di rumah dulu," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (24/7/2020).

Dengan menunda keluar rumah bisa juga menghindari dua kemungkinan. Pertama, terhindar dari penularan virus corona, kedua menghindari jebolnya dompet karena ingin jajan ini dan itu.

"Artinya pertama mengurangi kemungkinan kita terkena Covid kedua mengurangi pengeluaran juga," kata Andi.

Mahasiswa bisa juga memulai membuka usaha sampingan. Usaha bisa memiliki pendapatan baru sekaligus memperpanjang napas dompet hingga mendapatkan kiriman.

"Karena kalau kita merintis bisnis sampingan hanya ada dua. Awalnya coba coba ternyata berhasil," jelasnya. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 07:40:34 WIB

    Jika Corona Tak Juga Melandai September, Ini Dampaknya

    Jika Corona Tak Juga Melandai September, Ini Dampaknya HARIANHALUAN.COM - Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi memprediksi ekonomi sepanjang 2020 akan tumbuh negatif di kisaran -0,8 persen sampai -0,2 persen jika kasus positif virus corona (Covid-19) tak .
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 22:53:44 WIB

    Jika Negara-negara Ini Resesi, Dampaknya akan Besar ke Indonesia

    Jika Negara-negara Ini Resesi, Dampaknya akan Besar ke Indonesia HARIANHALUAN.COM - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad mengatakan negara yang jika resesi akan berdampak ke Indonesia adalah negara yang bermitra dagang langsung seperti.
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 08:52:19 WIB

    Heboh Resesi, Ini Ternyata Dampaknya untuk Sebuah Negara

    Heboh Resesi, Ini Ternyata Dampaknya untuk Sebuah Negara HARIANHALUAN.COM - Sepekan terakhir, berseliweran kata 'Resesi'. Hal ini dipicu negara tetangga yang jaraknya hanya beberapa kilometer dari Indonesia mengalami resesi. Memang, sejak virus corona menyerang dunia ini, kata rese.
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 20:01:08 WIB

    Singapura Resesi, Bagaimana Dampaknya ke Bisnis Maskapai Indonesia?

    Singapura Resesi, Bagaimana Dampaknya ke Bisnis Maskapai Indonesia? HARIANHALUAN.COM - Singapura resmi jatuh ke dalam resesi setelah Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) mengumumkan bahwa ekonomi negara itu kembali jatuh di kuartal II-2020. Secara kuartal ke kuartal (QtQ), ekonomi Singa.
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 16:37:53 WIB

    APBN Tekor Rp 1.039 T Demi Selamatkan Ekonomi dari Dampak Covid-19

    APBN Tekor Rp 1.039 T Demi Selamatkan Ekonomi dari Dampak Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut peningkatan angka defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 merupakan pilihan pahit yang harus dilakukan pemerintah demi menyelamatkan ekonomi dari .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]