Beraksi di Parkiran Masjid, 5 Spesialis Curanmor Digulung Polres Solok


Jumat, 24 Juli 2020 - 11:45:57 WIB
Beraksi di Parkiran Masjid, 5 Spesialis Curanmor Digulung Polres Solok Polisi memperlihatkan barang bukti 5 unit sepeda motor.

HARIANHALUAN.COM - Satreskrim Polres Solok Kota berhasil menggulung 5 orang pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang dilakukan di lokasi masjid dan areal parkir.

Ke 5 pelaku masing-masing berinsial S, D, B, RC dan DR diamankan di Mapolres Solok Kota, berikut barang bukti 5 unit sepeda motor dan 1 unit mobil yang dipergunakan tersangka dalam menjalankan aksinya.

Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi dalam keterangan persnya di Mapolres Solok Kota Jumat( 24/7) mengatakan, berhasilnya digulung komplotan Curamor setelah sebelumnya anggota Satreskrim yang dikomandoi IPTU Defrianto menangkap pelaku S di Kota Sawah Lunto yang sedang melakukan transaksi pada penadah.

"Pria S sebelumnya juga sudah menjadi Target Operasi Polres Solok Kota karena diduga melakukan pencurian kendaraan bermotor di mesjid Kelurahan Simpang Rumbio Kota Solok," katanya.

Ditambahkannya, dari tangan S diamankan 2 unit sepeda motor, polisipun menggali keterangan dari S sehingga berhasil mengungkap rekannya yang berada di Kota Padang Panjang. Saat penangkapan, 1 diantaranya terpaksa dihadiahi timah panas oleh polisi karena mencoba untuk kabur dari sergapannya.

Menurut Kapolres yang didampingi Kasat Reskrim Defrianto, pengungkapan Curamor yang dilaksanakan hampir 1 Minggu belakangan ini, diantaranya merupakan Pekerjaan Rumah ( PR) Polres Solok Kota sejak tahun 2016 lalu. Setidaknya ada 18 lokasi kejadian Curamor namun baru berhasil mengungkap 9 lokasi.

"Dalam aksinya, pelaku menggunakan kunci T, pisau lipat dan beberapa perlengkapan lainnya. Kunci T dimasukan ke lubang kunci, kemudian diputar ke on sehingga mesin kendaraan hidup. Untuk memperlancar aksi pencurian, pelaku lebih awal mengintai sasaran dengan mobil, merasa pemilik jauh dari kendaraan baru dilakukan aksinya," paparnya.

Umumnya, pelaku lebih banyak beraksi di masjid, terutama saat pemilik kendaraan melaksanakan salat magrib, insya dan salat subuh karena waktu itu orang tidak ramai.

Kepada masyarakat, Kapolres Solok Kota mengimbau agar saat memarkir kendaraan menggunakan kunci ganda maupun pengaman lainnya sehingga menyulitkan bagi pelaku pencurian. Begitu juga dalam pembelian kendaraan bermotor agar memperhatikan surat- surat kendaraan, seperti STNK dan BPKB. (*)

loading...
Reporter : Alfian /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]