Keltan Mitra Tani Desa Taluak Terima Bantuan Mesin Perontok Jagung


Jumat, 24 Juli 2020 - 16:31:24 WIB
Keltan Mitra Tani Desa Taluak Terima Bantuan Mesin Perontok Jagung Penyerahan mesin Corn Sheller Mobile oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman kepada kelompok tani Mitra Tani Desa Pauh Pariaman Tengah.

HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril menyerahkan mesin Corn Sheller Mobile atau mesin untuk perontok jagung kepada Kelompok Tani Mitra Tani Desa Taluak Pariaman Selatan, Jumat (24/7-2020).

Bantuan dari kementerian Pertanian itu diterima langsung Ketua Kelompok, Adi Kurniawan setelah penyerahan kunci oleh Kadis Pertanian.
Acara penyerahan bantuan alat perontok jagung itu juga disaksikan para pengurus dan anggota kelompok tani. 

Dasril berharap dengan bantuan yang diberikan dapat meningkatkan semangat kelompok dalam menggeluti pertanian jagung.

"Harga pasar masih baik, Rp3.600/Kg kalau dibanding sebelumnya memang agak menurun, tapi tidak signifikan," sebut Dasril.

Usai penyerahan peralatan pertanian itu langsung dilakukan panen bersama dan demontrasi peralatan perontok jagung yang diserahkan.

Peralatan itu dapat pula dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tani sekitarnya, tentu sesuai kesepakatan.

Adi Kurniawan berterima kasih atas bantuan yang diberikan, dan jelas akan sangat bermanfaat dalam merontokan jagung yang telah dipanen.

Selama ini perontokan jagung yang dipanen dilakukan secara manual oleh anggota kelompok, dengan peralatan baru tentu lebih cepat, efektif dan efisien.

"Kita akan operasikan dan rawat peralatan ini dengan sebaik-baiknya, dan hamparan jagung yang dikelola saat ini ada 5 hektare," kata dia.(*)

 

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:01:32 WIB

    Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton

    Budidaya Bawang Putih, Keltan Toboh Organik Panen 1,5 Ton HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani Toboh Organik, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, melakukan panen perdana bawang putih pada Rabu (5/8/2020). Panen perdana ini dilakukan oleh Kadis Pertanian diwakili Kab.
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 19:18:55 WIB

    Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat

    Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani (Keltan) Batang Kurambik Nagari Koto Gadang VI Koto Kecamatan Tanjung Raya melakukan panen raya padi IR 42 untuk pertama kalinya..
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 23:09:04 WIB

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung mengenalkan teknik roguing kepada kelompok tani (Keltan) Bungo Tanjung di Dem Area keltan setempat, Jumat (21/2). Kegiatan roguing tersebut merupakan Sekolah .
  • Jumat, 07 Juli 2017 - 11:48:18 WIB

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha AGAM,HALUAN -- Untuk membantu pelestarian Danau Maninjau yang tercemar berat sembilan kelompok peternak ikan keramba jala apung (KJA) bersedia mengalihkan usahanya ke darat..
  • Kamis, 10 November 2016 - 00:14:22 WIB

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan BATUSANGKAR, HALUAN — Sebanyak 36 kelompok tani (keltan) di Kabupaten Tanah Datar menerima bantuan traktor tangan (hand tractor) dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan langsung oleh anggota DPR RI Hermanto, dan diter.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]