Mendikbud Bakal Kualat Jika Tak Mengikuti Saran dari Cak Imin Ini


Jumat, 24 Juli 2020 - 18:34:17 WIB
Mendikbud Bakal Kualat Jika Tak Mengikuti Saran dari Cak Imin Ini Muhaimin Iskandar atau Cak Imin

HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar berharap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tidak melupakan peran NU dan Muhammadiyah dalam pendidikan Indonesia, agar tidak kualat. Nama NU dan Muhammadiyah pun tak bisa dilepaskan dari peran besarnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

PP Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) mundur dari kepesertaan program organisasi penggerak (POP) Kemendikbud sebagai bentuk protes atas proses seleksi organisasi penggerak. Terutama, dengan masuknya Sampoerna Foundation dan Tonoto Foundation sebagai mitra POP Kemendikbud dalam kategori Gajah yang bisa mendapatkan hibah Rp20 miliar per tahun.

“Jadi apapun kebijakannya jangan sampai pernah tidak melibatkan NU dan Muhammadiyah. Kalau nggak, kualat minimal itu yang terjadi,” ujar Cak Imin, sapaan Muhaimin saat tasyakuran hari lahir (Harlah) PKB ke-22 di Kantor DPP PKB, Jakarta.

Mendikbud diminta untuk menemui dua ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut untuk mencari solusi atas stagnasi pendidikan di Indonesia. Menurut Cak Imin, pendidikan di Indonesia mengalami stagnasi disebabkan karena kesulitan dalam penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diterapkan Nadiem. Karena PJJ online dan lapangan tidak jalan, pemerintah harus berupaya melibatkan semua kalangan untuk memajukan pendidikan.

Cak Imin pun menyarankan penguatan pendidikan ke depan diarahkan pada penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di sektor pertanian. Hal itu mengingat krisis pandemi covid-19 ke depan tidak hanya memunculkan krisis ekonomi dan kesehatan, tapi juga krisis pangan. “Banyak yang harus kita lakukan. Mulai dari penyiapan sumber daya pertanian, baik sumber daya manusianya maupun teknologi dan kecepatan ilmu pengetahuan yang harus tersosialisasi di masyarakat,” kata Cak Imin. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]