Aliran Baru Ditemukan di Sumani, Mereka Berkiblat ke Nabi Ibrahim


Jumat, 24 Juli 2020 - 21:43:04 WIB
Aliran Baru Ditemukan di Sumani, Mereka Berkiblat ke Nabi Ibrahim ilustrasi aliran menyimpang

HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok tengah melakukan pengawasan terhadap sebuah kelompok yang diduga aliran sesat. Kelompok tersebut ada di Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Kecurigaan terhadap aliran tersebut karena mereka mempercayai ajaran yang disampaikan Nabi Ibrahim AS dan mengenyampingkan ajaran Nabi Muhammad SAW. 

Saat ini, keberadaan aliran tersebut mendapat perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Solok. "Untuk pendekatan, kami serahkan ke MUI, karena merekalah yang lebih pas untuk melakukan penanganan terhadap kelompok yang diduga melenceng dari syariat Islam ini," kata Kajari Solok, Donny Setiawan kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan rapat dengan melibatkan sejumlah instansi seperti Polres, Kodim, Kantor Kemenag, MUI dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), membahas terkait ajaran baru tersebut. Dalam rapat tersebut, akan diupayakan terlebih dahulu pembinaan terhadap kelompok itu.

"Ini bertujuan agar mereka bisa kembali kepada tatanan ajaran islam pada umumny. Untuk hal tersebut, kita serahkan kepada MUI," jelasnya kemudian. 

Terpisah, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Solok Elyunus Esmara menyebutkan dan membenarkan adanya aliran tersebut. Dia mengatakan, ajarannya memang sedikit menyimpang dari syariah Islam. Namun saat ini, pihaknya tengah melakukan pendalaman terhadap ajaran tersebut. 

"Kami telah turun ke lapangan bersama dengan KUA setempat, dimana memang ditemukan aliran sesat yang telah mulai berkembang hingga ke sejumlah daerah di Sumbar. Sementara untuk nama alirannya, kita belum bisa membeberkan karena masih dilakukan pendalaman dan pendekatan," terang Elyunus. (*)

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Sumber : istimewa /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 21:50:49 WIB

    Silaturahmi ke Warga Aliran Sungai Batang Sumpu, Kapolres Sijunjung: Jangan Termakan Hoaks

    Silaturahmi ke Warga Aliran Sungai Batang Sumpu, Kapolres Sijunjung: Jangan Termakan Hoaks HARIANHALUAN.COM - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan melaksanakan kunjungan ke Nagari Sumpur Kudus pada Sabtu (11/7/2020) siang. Kedatangan orang nomor satu di Polres Sijunjung ini dalam rangka kunjungan kerja dan silat.
  • Selasa, 21 November 2017 - 14:00:18 WIB

    Masyarakat Jangan Mudah Percaya Aliran Asing

    Masyarakat Jangan Mudah Percaya Aliran Asing PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengingatkan kepada masyarakat Pessel, agar jangan mudah percaya kepada sekelompok orang asing yang mengajak masuk kepada aliran kepercayaan yang tidak jelas atau .
  • Kamis, 16 Februari 2017 - 11:06:52 WIB

    Massa KMSS Datangi Kejati Desak Ungkap Aliran Dana SPj Fiktif

    Massa KMSS Datangi Kejati Desak Ungkap Aliran Dana SPj Fiktif PADANG, HALUAN -- Puluhan massa dari LSM dan mahasiswa se-Sumbar yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Sumbar (KMSS) mendatangi kantor Kejati Sumbar Kamis (16/2). .
  • Ahad, 24 Juli 2016 - 16:17:59 WIB

    Akibat Aktivitas Tambang Emas Liar, Aliran Batanghari Kini Keruh Lagi

    Akibat Aktivitas Tambang Emas Liar, Aliran Batanghari Kini Keruh Lagi DHARMASRAYA, HALUAN – Cuma dua hari masyarakat sepanjang aliran Sungai Batanghari khususnya dapat menikmati jernihnya air sungai tersebut, yakni selama libur lebaran. Namun setelah lebaran, air sungai kembali keruh dan kumu.
  • Senin, 04 April 2016 - 15:12:34 WIB

    Berantas Aliran Sesat, Ormas Harus Kompak

    Berantas Aliran Sesat, Ormas Harus Kompak PASBAR, HALUAN — Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Pasaman Barat, Ramlan TH, mengajak seluruh pimpinan organisasi keagamaan, sosial kemasyarakatan dan tokoh agama bersama aparatur pemerintah di da­erah­nya, agar kom.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]