Pencarian Orang Hilang di Batang Masang Dihentikan, Keluarga Korban Ikhlas


Jumat, 24 Juli 2020 - 21:59:23 WIB
Pencarian Orang Hilang di Batang Masang Dihentikan, Keluarga Korban Ikhlas Pencarian orang hilang di Agam dihentikan setelah sepekan.

HARIANHALUAN.COM - Pencarian Zainal (35), warga Masang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam yang hilang saat mencari lokan di Batang Masang sepekan lalu hingga saat ini belum ditemukan. Oleh karena itu, pencarian terhadap korban secara resmi dihentikan pada Jumat (24/7/2020).

Kalaksa BPBD Agam M. Luthfi melalui Kabid KL, Syafrizal yang juga koordinator pencarian menyebutkan, penghentian pencarian dilaksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Yakni, jika korban belum ditemukan dalam waktu tujuh hari sejak laporan hilang, maka proses pencarian dihentikan. 
“Sejak awal pencarian yang melibatkan berbagai unsur didapatkan hasil nihil dan tidak ada titik terang atas keberadaan korban,” ujarnya.

Dia menjelaskan, berbagai upaya sudah dilakukan tim dalam proses pencarian itu, mulai dari penyisiran muara di sisi pantai hingga penyisiran Batang Masang. Bahkan, pihak keluarga sempat bertanya kepada orang pintar dan disuruh mencari di bawah ranting pohon di tepi sungai tersebut, tapi hasilnya tetap nihil.

Sebetulnya, sejak hari keempat pencarian pihak keluarga sudah mengikhlaskan korban, namun tim tetap melanjutkan sesuai SOP yang ditetapkan dan hasilnya memang nihil. “Jika nanti ada pihak keluarga yang berusaha melanjutkan pencarian, itu sudah diluar kewenangan tim,” katanya.

Apabila nanti ada kemungkinan penemuan, maka tim akan kembali turun untuk mengevakuasi korban. Informasi sebelumnya, Zainal dilaporkan hilang pada Jum’at (17/7/2020) setelah menyelami Batang Masang bersama beberapa rekannya untuk mencari lokan. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]