Kemendikbud Sebut Kemudahan Belajar dari Rumah Tanggung Jawab Pemda


Sabtu, 25 Juli 2020 - 09:50:51 WIB
Kemendikbud Sebut Kemudahan Belajar dari Rumah Tanggung Jawab Pemda Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) buka suara soal Dimas Ibnu Alias, siswa yang belajar di sekolah sendirian karena tidak punya HP untuk ikut proses belajar via daring. Kemendikbud menyebut seharusnya Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten bisa segera memfasilitasi.

"Sekolah sejak tahun 2000 sudah diotonomikan ke pemerintah daerah, termasuk dana pendidikan yang ditransfer ke daerah mencapai 62 persen," kata Plt Dirjen PAUD-Pendidikan Dasar Pendidikan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, saat dihubungi, Jumat (24/7/2020).

Dimas merupakan siswa kelas VII di SMPN 1 Rembang, Jawa Tengah. Dimas yang seorang diri, mendapatkan pembelajaran tatap muka dengan para guru seolah mendapatkan layanan VIP.

Hamid pun mempertanyakan kemana bantuan pemerintah daerah ketika siswa di daerah tertentu kesulitan belajar dari rumah. Sehingga menurut dia, yang seharusnya ditanyakan yakni Wali Kota hingga Bupati setempat.

"Jika ada siswa di suatu sekolah kesulitan BDR (belajar dari rumah), maka yang harus ditanya dulu apa yang sudah diperbuat oleh bupati/wali Kota yang notabene yang punya sekolah, guru dan siswa?," ucapnya.

Hamid pun heran ketika kebijakan bantuan operasional sekolah (BOS) yang dialokasikan untuk membantu pendidikan jarak jauh juga belum membantu.

"Kebijakan BOS reguler apa tidak menjawab berbagai kesulitan PJJ? BOS afirmasi dan kinerja yang baru diluncurkan beberapa minggu lalu, apa tidak membantu? Pelatihan guru untuk menyiapkan pembelajaran daring apa dianggap tidak ada?" ujarnya.

Dia pun menyarankan jika ada kejadian seperti Dimas terulang kembali, maka yang seharusnya Pemda yang segera menangani.

"Saran saya, kalau ada kasus seperti Dimas, pertama kontak Bupati/Wali Kota setempat. Tanyakan apa yang akan dilakukan untuk membantu siswa-siswa seperti Dimas di daerahnya. Ini kewajiban mutlak pemerintah daerah yang harus segera ditangani," ucap Hamid.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]