AS Sebut Rusia Jajal Teknologi Baru, Satelit Luar Angkasa Bisa Dihancurkan


Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:23:28 WIB
AS Sebut Rusia Jajal Teknologi Baru, Satelit Luar Angkasa Bisa Dihancurkan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebut Rusia sudah menguji teknologi baru di luar angkasa yang bisa menghancurkan satelit yang tengah mengorbit.

Pengujian tersebut memang tak menghancurkan apa pun, namun analisis dari militer AS menganggap teknologi tersebut bisa dipakai untuk menyerang satelit milik AS di masa yang akan datang, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (25/7/2020).

Menurut US Space Command, pada 15 Juli lalu sebuah satelit Rusia bernama Kosmos 2543 melepaskan sebuah objek tak dikenal ke orbit. Objek misterius itu dirilis di dekat satelit Rusia yang lain, meski keduanya tak sampai bersentuhan.

Pada saat pengujian, Kementerian Pertahanan Rusia mengakui kalau Kosmos 2543 mendekati satelit targetnya untuk melakukan inspeksi. Namun kemudian diketahui ada sebuah objek baru yang muncul saat 'inspeksi' itu berlangsung.

Kosmos 2543 memang seharusnya adalah sebuah satelit yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan, setidaknya itulah yang dikatakan oleh Rusia. Jadi aksinya mendekati satelit yang lain itu bukan hal yang aneh.

Bahkan, selama satu dekade ke belakang, satelit Rusia sudah sangat sering melakukan inspeksi dari jarak dekat semacam ini. Meski Kosmos 2543 memang tak bisa dibilang sama dengan inspeksi satelit yang ada sebelumnya.

Pasalnya Kosmos 2543 adalah satelit yang diterbangkan oleh satelit lain bernama Kosmos 2542 pada Desember 2019. Kemudian pada Januari, pemantau satelit menyadari kalau dua satelit itu terlihat memata-matai satelit USA 245 milik AS.

US Space Command pun menyadari aksi mencurigakan ini, dan menganggap aksi kedua satelit ini tak lazim dan mengganggu. Jenderal John Raymond, komandan US Space Command menganggap satelit ini berpotensi menciptakan situasi berbahaya di luar angkasa.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 12:46:27 WIB

    Cara Mengatasi Flashdisk Minta Diformat, Lakukan 4 Hal Ini

    Cara Mengatasi Flashdisk Minta Diformat, Lakukan 4 Hal Ini HARIANHALUAN.COM - Jaman sekarang siapa sih yang tidak tahu flashdisk? Ya, flashdisk sebagai media penyimpanan file digital yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana sepertinya menjadi salah satu barang yang wajib dimili.
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 10:45:55 WIB

    HP Android Paling Ngebut Berklasifikasi Menengah, Ini Daftarnya

    HP Android Paling Ngebut Berklasifikasi Menengah, Ini Daftarnya HARIANHALUAN.COM - Antutu resmi merilis peringkat untuk hp tercepat atau dengan performa tinggi dalam kategori kelas menengah pada pertengahan 2020..
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 08:46:42 WIB

    Bintang Puspayoga Resmikan Kelas Inkubasi Sispreneur

    Bintang Puspayoga Resmikan Kelas Inkubasi Sispreneur HARIANHALUAN.COM – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga meresmikan peluncuran Kelas Inkubasi Sispreneur yang ditujukan bagi kalangan perempuan pelaku usaha mikro, Rabu (12/8). Progr.
  • Rabu, 12 Agustus 2020 - 14:17:54 WIB

    Mayoritas Layanan Telkom Group di Area Sumatera sudah Pulih

    Mayoritas Layanan Telkom Group di Area Sumatera sudah Pulih HARIANHALUAN.COM - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) hingga saat ini masih terus mempercepat upaya pemulihan layanan baik mobile maupun fixed broadband pasca kebakaran di Sentral Telepon Otomat (STO) Pekanbaru Centru.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 11:05:36 WIB

    Benarkah Microsoft Beli TikTok? Ini Penjelasan Bill Gates

    Benarkah Microsoft Beli TikTok? Ini Penjelasan Bill Gates HARIANHALUAN.COM - Pendiri Microsoft, Bill Gates menyebut potensi pembelian TikTok dengan Microsoft merupakan sebuah piala beracun. Gates mengatakan pembelian operasional TikTok di beberapa wilayah tak akan semudah dan sederh.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]