Benarkah CFD Rentan Tertular Covid-19, Mitos atau Fakta?


Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:01:38 WIB
Benarkah CFD Rentan Tertular Covid-19, Mitos atau Fakta? Foto: Istimewa

HARIANHALUAN.COM - Spesialis kedokteran olahraga yang juga direktur Slim & Health Sports Center Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO menyebutkan, bahwa mengikuti CFD aman karena berada di udara terbuka sehingga tidak memungkinkan tertular Covid-19.
 
"Udara terbuka di zona hijau memiliki resiko yang lebih kecil untuk terinfeksi virus Covid-19 namun bila udara terbuka yang dimaksud adalah acara car free day dimana penuh dengan masyarakat yang bergerombol tentunya kita akan sulit untuk menjaga jarak dan resiko akan bertambah jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan," papar dr. Michael dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Sabtu (25/7/2020).

Sebagaimana yang telah ditentukan misalnya tidak menggunakan masker, yang jelas akan memudahkan untuk terinfeksi Covid. Dengan demikian pernyataan diatas adalah mitos.
 
Terkait olahraga ringan sampai dengan sedang dapat menghindarkan kita terkena Covid, dr. Michael menjelaskan, olahraga berintensitas ringan sampai dengan sedang tidak akan memaksakan tubuh kita untuk melakukan latihan yang berlebihan dan melampaui batas-batas kemampuan tubuh.

"Sehingga akan mampu meningkatkan kesehatan dan juga daya tahan tubuh dari kemungkinan terinfeksi Covid-19. Dengan demikian pernyataan diatas adalah fakta," kata dr. Michael.
 
Sementara berolahraga berat di gym akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan baik untuk mencegah Covid-19. Bila olahraga berintensitas ringan sampai dengan sedang akan dapat meningkatkan kesehatan kita, namun bilamana olahraga tersebut terus ditingkatkan intensitas latihannya.

"Sehingga menjadi berat malah akan menurunkan intensitas tubuh sehingga akan lebih memungkinkan untuk terinfeksi virus Covid. Selain itu bilamana kebersihan peralatan yang dipakai bersama tidak dapat dijaga dengan baik maka hal tersebut juga akan mempermudah penularan dari satu orang ke orang lain.Dengan demikian pernyataan diatas adalah mitos," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 19:27:18 WIB

    Benarkah Transplantasi Paru Jadi Pilihan Penyembuhan Pasien Covid-19?

    Benarkah Transplantasi Paru Jadi Pilihan Penyembuhan Pasien Covid-19? HARIANHALUAN.COM - Ankit Bharat, seorang ahli bedah toraks dan direktur bedah dari Northwestern Medicine Lung Transplant Program, mengatakan tidak ada pasien covid-19 yang akan hidup jika transplantasi pru-paru tidak dilakuka.
  • Senin, 27 Juli 2020 - 23:00:25 WIB

    Benarkah Thermo Gun Membahayakan Otak? Simak Penjelasan Guru Besar UGM Ini

    Benarkah Thermo Gun Membahayakan Otak? Simak Penjelasan Guru Besar UGM Ini HARIANHALUAN. COM - Guru Besar Departemen Neurologi FKKMK UGM, Prof. Samekto Wibowo mengatakan, informasi terkait thermo gun bisa membahayakan otak tidak benar. Terlebih, thermo gun sudah lama dipakai bidang medis dan tidak a.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 07:51:49 WIB

    Benarkah Berbicara Bisa Tularkan Corona?

    Benarkah Berbicara Bisa Tularkan Corona? HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan meyakini SARS-CoV-2, virus Corona penyebab COVID-19, bisa bertahan di udara dalam bentuk mikrodroplet yang keluar saat bernapas maupun berbicara. Yang belum bisa dipastikan adalah, apakah virus.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 20:23:36 WIB

    Benarkah Virus Corona juga Rusak Organ Vital selain Paru-paru?

    Benarkah Virus Corona juga Rusak Organ Vital selain Paru-paru? HARIANHALUAN.COM - Virus corona bukan hanya merusak fungsi paru-paru, tetapi juga organ vital lainnya seperti hati, jantung, otak, sistem saraf, kulit, hingga saluran pencernaan. Temuan terbaru ini dimuat laporan yang dilakuk.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 12:02:51 WIB

    Bersepeda Sebabkan Disfungsi Ereksi pada Pria, Benarkah?

    Bersepeda Sebabkan Disfungsi Ereksi pada Pria, Benarkah? HARIANHALUAN.COM - Saat ini banyak orang senang bersepeda setelah aturan pembatasan sosial atau di rumah aja mulai dilonggarkan, meskipun pandemi virus corona Covid-19 belum selesai. Selain menjadi olahraga favorit banyak ora.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]