Jangan Dibiasakan, Memegang Struk ATM dan Struk Belanja Berbahaya Bagi Kesehatan


Sabtu, 25 Juli 2020 - 14:09:04 WIB
Jangan Dibiasakan, Memegang Struk ATM dan Struk Belanja Berbahaya Bagi Kesehatan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah berbelanja di supermarket maupun diwarung kelontong pasti Anda kerap mendapatkan struk belanja. Begitu pula ketika nanti melakukan transaksi di ATM, juga diberikan struk ATM. Sehingga kita sering memegang struk-struk tersebut.

Meski dengan adanya struk tersebut bisa menjadi bukti jika ada kesalahan usai melakukan transaksi. Namun, tahukan Anda jika struk ATM dan belanja sangatlah berbahaya bagi tubuh?.

Lantaran, setelah mengambil struk, kita akan menyimpannya di tas atau dompet. Ada juga yang terbiasa meremas-remasnya kemudian dimasukan ke dalam tempat sampah yang disediakan.

Bahan yang digunakan untuk membuat struk ternyata merupakan bahan termal berbahaya yang mampu menyebabkan kanker. Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh para ahli yang bergerak dalam pemeliharaan lingkungan hidup di Amerika Serikat.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Amerika Serikat ini menyatakan bahwa jika manusia menyentuh setidaknya 10 detik kertas struk yang mengandung 2.5 mikrogram BPA, maka kita akan terpapar bahan bersifat karsinogenik. Bahkan bahaya dari kertas struk ini akan meningkat sampai 1.5 kali lipat jika kita meremasnya.

Untuk mencegah terpaparnya tubuh karena kertas struk, kamu bisa mencoba untuk tidak mengeluarkan kertas struk dari mesin ATM, atau segera membuangnya tanpa harus diremas.

Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah memegang struk belanja atau struk ATM. Hindari penggunaan hand sanitizer setelah memegang kertas struk karena dapat meningkatkan penyerapan BPA kimia yang dapat merusak hormon tubuh.

Zat BPA kimia berbahaya sangat berbahaya bagi tubuh. Misalnya merusak saluran pencernaan jika tertelan, menurukan kekebalan tubuh hingga menyababkan kanker. (*)

loading...
 Sumber : Wowmenariknya.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 06:46:23 WIB

    Ketahuan Selingkuh? Jangan Panik, Ini 4 Hal yang Harus Anda Lakukan

    Ketahuan Selingkuh? Jangan Panik, Ini 4 Hal yang Harus Anda Lakukan HARIANHALUAN.COM - Apa yang akan Anda lakukan jika tertangkap basah oleh pasangan berselingkuh? Mungkin tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya..
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:28:26 WIB

    Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Membeli Roti

    Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Membeli Roti HARIANHALUAN.COM - Ingin sarapan yang praktis dan cepat? Pilihan sebagian orang kerap jatuh pada roti. Bahan pangan satu ini dikenal fleksibel untuk beragam sajian. Kadang cukup dioles dengan selai atau sekadar dipanggang den.
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 19:59:52 WIB

    Kamu Pencinta Sneakers? Jangan Lewatkan 5 Produk Keren Ini

    Kamu Pencinta Sneakers? Jangan Lewatkan 5 Produk Keren Ini HARIANHALUAN.COM - Bagi kamu pecinta penampilan sporty baik laki-laki maupun perempuan sudah pasti tidak asing lagi kan dengan item fashion yang satu ini. Ya, sepatu sneakers. Modelnya yang casual cocok digunakan dalam berbag.
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 13:26:23 WIB

    Berbahaya, Celana Dalam yang Sudah Melar Jangan Dipakai!

    Berbahaya, Celana Dalam yang Sudah Melar Jangan Dipakai! HARIANHALUAN.COM - Celana dalam adalah soal kenyamanan. Tak sedikit yang masih setia dan menggunakan celana dalam lama meski kondisinya sudah mulai melar dan bahkan banyak lubang, karena masih terasa nyaman..
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 09:36:48 WIB

    Jangan Memulai Hari dengan Minum Kopi, Ini Alasannya

    Jangan Memulai Hari dengan Minum Kopi, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang biasanya meminum kopi pada pagi hari. Namun, bukan berarti saat bangun tidur kamu bisa langsung konsumi kopi. Mengapa?.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]